Bacalon Belum Daftarkan Akun Resmi di Medsos

0
335
Tiga bakal pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota mulai menyosialisasikan dirinya di medsos. KPU Tanjungpinang belum menerima akun medsos resmi dari Bacalon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang. F-SUHARDI/TANJUNGPINANG POS

Media sosial (medsos) saat ini banyak digunakan bakal pasangan calon (bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang untuk mempromosikan diri.

TANJUNGPINANG – Namun begitu, pihak KPU membatasi jumlah akun yang boleh digunakan untuk kampanye. Menurut Ketua KPU Tanjungpinang, Robby Patria hingga kemarin, belum satupun bakal calon Wali Kota dan Wakilnya, mendaftarkan akun medsosnya yang resmi. Batas terakhir pendaftaran akun medsos resmi di KPU berakhir 14 Februari ini.

Sesuai aturan, satu medsos hanya satu diperbolehkan untuk mendaftar. Misalnya, Facebook (FB) satu medsos saja, twitter satu medsos saja, instagramsatu medsos saja termasuk medsos lainnya. ”Mestinya bakal calon sudah mendaftarkan akun medsosnya yang resmi untuk berkampanye di dunia maya,” kata Robby Patria, kemarin.

Ia berharap agar tim sukses dan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota segera melaporkan akun medsos resminya kepada KPU. Jika tidak atau lebih lebih, maka akun yang tidak terdaftar di KPU akan ditindak oleh Panwaslu. Dan, bila akun medsos tersebut mengunggah sara, ujaran kebencian akan ditindak oleh tim Cyber Crime Mabes Polri.

”Sekarang sudah diperbolehkan Paslon harus melaporkan maksimal 5 akun media sosial. Terserah jenis medsosnya apa, yang penting 5 maksimal,” katanya.

Ia menjelaskan, penggunaan medsos dalam kampanye memang harus diawasi. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti black campaign termasuk ujaran kebencian. Maka dari itu, pihaknya meminta agar para paslon yang telah menyiapkan medsos sebagai media kampanye untuk melaporkan ke KPU.

”Bentuk penindakan mungkin yang lebih tahu Panwaslu. Pastinya jika ada akun di luar yang didaftarkan maka akan ditindak,” tegasnya.

Masih kata Robby, kembali mengingatkan pendaftaran terakhir akun medsos di KPU berakhir 14 Februari ini. Ia harap paslon segera mendaftarkan medsos resminya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here