Bagikan Sertifikat Tanah Kami

0
445
Edy Putra Irawadi

Hallo BPN, kapan sertifikat tanah kami d bagikan.secara simbolis sama pak mentri kan sudah d batam desember lalu. Menunggu ape lagi bpk/ ibu pejabat BPN.TQ
082382843430

Permudah Proses Investasi
MBS Jembatan Babin, akan menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Bintan. Jadikan Batam tujuan investasi dan buat aturan yg menguntungkan bagi masyarakat.
081364221356

TANGGAPAN:
Saat ini ada 752 PL dengan luas sekitar 3.164,19 hektar lahan di Batam, dalam monitoring dan evaluasi di Badan Pengusahaan (BP) Batam. Lahan ini dievaluasi karena belum juga dibangun oleh pemegang HPL. Diharapkan, hasil evaluasi akan mendorong pertumbuhan investasi yang tumbuh saat ini. Dimana pertumbuhan investasi di Batam berlangsung sejak November 2019 sampai April 2019, sebanyak Rp2,5 triliun.

Harusnya investasi yang masuk, bisa lebih besar. Mulai November 2018, sudah masuk investasi baru dan pengembangan, totalnya Rp2,5 Triliun. Harusnya bisa lebih dari itu.

Baca Juga :  Kapan Baju dan Buku Digratiskan?

Diantara investor itu, yang merupakan perusahaan baru, ada dari Jepang join Singapura, untuk industri kawat dengan nilai investasi Rp23 miliar. Perusahaan ini sudah mendapat ijin usaha (IU) dan sedang menunggu LS dari Sucofindo untuk memasukkan barang. Ada perusahaan patungan Korea dan Singapura, bidang industri semi konduktor dan komponen elektronik lainnya, dengan investas Rp62,9 miliar dan sudah mendapat IU, Februari 2019.

Sementara investor baru lain, ada patungan investor China, Hongkong, Kanada, Inggris dibidang industri peralatan listrik rumah tangga, peralatan elektroternal rumah tangga, dengan nilai investasi Rp45 miliar. Perusahaan ini sudah mendapat IU dan sedang menyiapkan permohonan SIKMB dan marang modal masuk awal Maret 2019. Ada juga perusahaan Cina di bidang industri pompa air.

Baca Juga :  Kawal Usulan RT/RW

Dari Taiwan ada masuk juga industri komputer, barang elektronik dan optik, dengan nilai Rp560 miliar. Kebutuha?n tenaga kerjanya sekitar 1 ribu orang dan sudah mendapat IU. Perusahaan saat ini dalam tahap renovasi.

Sementara perusahaan yang melakukan pengembangan usaha ada perusahan patungan Amerika, Inggris, Singapura dan Malaysia, dibidang industri lensa kontak. Sementara perusahaan dibidang industri semi konduktor dan komponen elektronik lainnya, ada empat perusahaan yang melakukan pengembangan usaha.

Perusahaan-perusahaan itu ada investor ?Singapura yang mengembangan investasi senilai Rp29 miliar. Namun pengembangan investasi yang nilainya cukup besar dua perusahaan berbeda tapi bidang usahanya sama. Masing-masing, perusahaan patungan Jepang-Singapura dengan nilai investasi Rp669 miliar dan perusahaan patungan Jerman, Malaysia, Singapura serta Hongkong dengan investasi sekitar Rp884 miliar.

Kondisi lahan yang dinilai belum maksimal pengelolaan, karena banyak mangkrak. Dimana, saat ini 752 PL dengan luas 3.164,19 hektar, yang belum dikelola maksimal. Saat ini, pihaknya siap untu melanjutkan pada tindak monitoring dan evaluasi.

Baca Juga :  Jangan Jualan di Jalan Raya

167 PL sudah dipanggil dengan luas 1.107,2 ha. Belum dipanggil, 585 PL dengan luas lahan 2.056,99 ha.

Dari pemanggilan itu, diakui 40 PL dengan luas lahan 337,98 ha, komit membangun dan membuat bisnis plan. Sementara 28 PL belum komitmen membangun dengan luas lahan 287,41 hektar. Delapan PL dengan luas 18,15 ha lahan yang potensi batal. Sementara tindakan evaluasi berlanjut, 270 PL dengan luas 617,44 ha. (nbb)

Edy Putra Irawadi
Kepala BP Batam,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here