Bahas Isu Strategis Indonesia

0
1293
MEGAH: Kantor Gubernur Kepri berdiri megah di Dompak. Kini, belum ada Wakil Gubernur Kepri yang menghuni perkantoran ini. f-istimewa/humas pemprov keprI

Dubes 9 Negara Hadiri Regional Diplomatic Meeting

Sekitar 9 duta besar negara sahabat dan 24 gubernur se-Indonesia menyatakan ikut dalam pertemuan Regional Diplomatic Meeting (RDM) di Lagoi Bintan, Selasa (14/11) hari ini. Pertemuan itu akan membahas isu strategis di Indonesia, bahkan peluang investasi ke depan.

BINTAN – Beberapa perwakilan anggota DPD RI, duta besar hingga beberapa gubernur se-Indonesia akan mengikuti pertemuan itu. Dubes yang akan hadir antara lain dari Amerika Sarikat, Arab Saudi, Ajerbaijan, India, Singapura, Vietnam, Denmark dan Fiji.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, kegiatan menjadi salah satu ajang yang tepat untuk mempromosikan Kepri. Peluang-peluang investasi, pesona pariwisata dan berbagai atraksi seni budaya menjadi item-item yang bisa dipromosikan pada event itu.

Ia juga mengajak mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menyambut para tamu dengan kekhasan dan keramahtamahan Kepri. ”Kepri sangat siap untuk menggelar RDM. Terima kasih terhadap seluruh elemen masyarakat Provinsi Kepriyang telah bekerja dengan maksimal untuk menyambut ini. Kami selalu ingin mempromosikan segala potensi Kepri, peluang investasi, pesona pariwisata dan kesenian-kesenian daerah,“ kata Nurdin saat memimpin rapat persiapan akhir RDM di Kantor Gubernur Istana di Dompak, Senin (13/11).

Pada kesempatan itu, Nurdin juga memaparkan sejumlah agenda besar yang akan digelar akhir tahun ini di Kepri. Di antaranya kehadiran Wakil Presiden HM Jusuf Kalla di Daik, Lingga pada 19 November nanti sempena Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA).

Baca Juga :  Beri Kebanggaan pada Tiap Penamaan

Pada bulan Desember, Presiden RI Joko Widodo juga akan hadir di Batam sempena Rapimnas Kadin se-Indonesia. Kepada masyarakat, Nurdin mengajak untuk menyambut para tamu dengan kekhasan dan keramahtamahan Kepri.

Sementara, Gubernur, Wakil Gubernur, Sekda, Kepala Bappeda, atau Asiten Setda dari 24 provinsi menyatakan siap hadir pada RDM ini. ”Saya berharap kegiatan ini bisa memberikan kesan-kesan yang baik kepada tamu yang hadir,” kata Nurdin.

Sejumlah pihak baik yang terlibat dalam event ini, menyatakan kesiapannya. Nurdin berharap momen ini juga dijadikan kesempatan untuk semakin memperkenalkan pariwisata Kepri, terutama Batam, Bintan dan Tanjungpinang ke tamu mancanegara dan nusantara.

”Kita persembahkan yang terbaik termasuk wisata, perdagangan dan industri kita. Saya juga berharap agar Kesatuan Laut dan Pantai melakukan penyelidikan terhadap pencemaran laut yang menjadi momok terbesar kita pada akhir tahun,” kata Nurdin.

Sekdaprov H TS Arif Fadillah yang memandu rapat tersebut memberikan gambaran umum persiapan acara RDM. Dia memaparkan event ini siap digelar.

Baca Juga :  Dua Perempuan Ditangkap karena Narkoba

Beberapa pertemuan penting akan digelar sempena event ini. Ada pertemuan tripartit yang diselenggarakan di Hotel Nirwana Lagoi. Pada 9 November kemarin Arif sudah meninjau beberapa lokasi kegiatan dan sudah 95 persen siap menyambut perhelatan RDM 2017. Berbagai isu-isu investasi dan non-investasi akan menjadi perbincangan pada event itu. Acara ini akan dibuka langsung Ketua DPD RI Oesman Sapta.

Ajang Promosi Wisata
Regional Diplomatic Meeting yang akan diselenggarakan pada, 14-15 November 2017 di Bintan dipastikan akan menguntungkan bagi promosi pariwisata di Bintan meskipun pertemuan yang dihadiri anggota DPD, gubernur se-Indonesia serta beberapa dubes asing ini tidak spesifik membahas pariwisata.

Luki Zaiman Prawira, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan mengatakan, dengan adanya pertemuan besar berskala nasional maupun internasional di Bintan, secara langsung maupun tidak langsung akan menyorot Bintan ke berbagai dunia. Hal ini menurutnya akan berdampak promosi wilayah Bintan. ”Kalau pertemuan besar, apalagi pasti banyak diliput media berbagai negara, pasti Bintan akan semakin dikenal,” katanya, Senin (13/11).

Dikatakannya, seperti di Bali yang juga banyak berbagai pertemuan dan konferensi tingkat nasional dan dunia. Sehingga Bali banyak kedatangan wisatawan dan juga para utusan negara lain. ”Kalau ada seperti ini pasti ada pejabat dan utusan diplomatik asing membawa kolega atau keluarganya, pasti Bintan akan dikenal mereka,” jelasnya.

Baca Juga :  Seluruh Ikan Sarden Disita

Diharapkan Luki, meski dirinya tidak terlibat dalam pertemuan tersebut, namun ia sangat berharap pariwisata di Bintan terutama keindahan alamnya dapat dirasakan dan diberitakan kepada khalayak ramai di Nusantara maupun luar negeri. ”Saya pikir kalau semakin banyak acara seperti ini, pasti juga kunjungan wisatawan ke Bintan akan meningkat,” tambahnya.

Sekretaris Panitia Aris Fariandi, Provinsi Kepri merupakan tuan rumah yang ditunjuk langsung Badan Kerja Sama Parlemen (BKSP) dan Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) RI. ”Pemprov sebagai tuan rumah dan memfasilitasi,” ujar Aris kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Saat penyambutan para tamu agung nanti, langsung dilakukan Gubernur Kepri, Ketua DPRD Provinsi Kepri, Wali Kota Tanjungpinang, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Wali Kota Batam, Bupati Bintan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri.(JENDARAS-MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here