Bahayanya Pohon Raksasa di Musim Hujan

0
510
Rabiah

Oleh: Rabiah
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, UMRAH

Semua orang pasti tahu apa arti Semua orang pasti tahu apa arti  penting pohon bagi dunia dan  bagi kehidupan. Namun sangat sedeikit yang sadar dan yang ingin menjaganya. Pohon memberi oksigen, mencegah banjir, mencegah longsor dan sebagainya. Saat semua tau bahwa pohon itu pemberi oksigen bagi kita. Masih banyak juga yang menebangnya. Kita semua tahu bahwa pohon dapat mencegah banjir, tetapi masih banyak juga pohon yang hanyut akrena ditebang. Semua tau bahwa pohon bisamencegah longsoran tetapi masih banyak juga yang cuek terhadap kegunaan pohon.

Menurut batasan yang umum, pohon adalah tumbuhan yang batangnya berkayu dan bercabang. Batang pohon utama berdiri dan berukuran lebih besari dibanding cabang-cabangnya. Pohon pohon besar yang terdapat di tepi jalan berguna untuk menjaga keindahan kota dan kehijauannya alam kita ini. Saat ini kita sering dihadapi dengan cuaca yang tak menentu. Terkadang hujan dan terkadang panas. Saat musim panas, pohon pohon besar sangat bermanfaat untuk kita. Pohon pohon inilah yang menghasilkan udara segar yang bisa kita hirup dan melindungi kita dari kepanasan. Tetapi ketika di musim penghujan pohon pohon ini sangatlah berbahaya. Karena, ketika hujan sangat deras janganlah kita berteduh di pohon, atau pengguna motor dan mobil hendaklah berhati-hati. Ini untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Alasannya, pohon bukanlah tempat yang aman untuk berteduh karena rawan disambar petir. Pohon  itu, dalam kondisi basah, merupakan pengantar arus listrik. Sehingga, ketika puncak pohon disambar petir, maka petir itu berpotensi menjalar cepat hingga ke akar. Kondisi cuaca Tanjungpinang dan Bintan masih akan terus berawan, begitu juga wilayah Kepri lainnya.  Dalam kondisi demikian, hujan berpeluang besar turun disertai dengan petir. Angin yang bertiup lemah memperlambat pergerakan dan pengumpulan massa udara di wilayah pulau Bintan, khususnya Tanjungpinang.Dalam kondisi demikian, terbentuk awan awan konvektif penghasil hujan cukup kuat. Suhu permukaan laut di sekitar kepri yang cukup hangat serta tingkat kelembapan yang cukup tinggi menunjang cuaca umumnya berawan disertai petir. Untuk itu, bagi pengguna jalanraya diharapkan untuk tidak berteduh di pohon pohon besar yang berada di tepi jalan, berteduhlah di tempat yang aman. Pohon pohon ini sangat bahaya ketika di musim penghujan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here