Bajaj Hadir di Tanjungpinang

0
946
Bajaj: Wan kabid darat dishub natuna f-istimewa

TANJUNGPINANG – Bajaj angkutan umum berkapasitas dua penumpang kini telah ada di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

Bajaj merupakan angkutan umum, untuk penumpang dan barang, yang dibawa masuk Tanjungpinang, melalui PT Assura Pratama Sukses (APS) sebagai diler resmi transportasi roda tiga (Trans Bajaj) di Jalan WR Supratman, Km 12 arah Tanjunguban, Tanjungpinang.

Direktur PT Assura Pratama Sukses, Syaiful mengatakan angkutan ramah lingkungan merupakan angkutan umum roda tiga segera beroperasi di Tanjungpinang.

Trans Bajaj akan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dengan slogan angkutan cepat, tepat dan murah.

Masyarakat Tanjungpinang tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk mencari transportasi cukup di dalam rumah dengan menghubungi operator Trans Bajah melalui handphone saja sudah cukup.

”Trans Bajaj akan segera datang menjemput Anda,” kata Sekretaris DPD Organda Provinsi Kepri kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (6/4).

Menurutnya, angkutan roda tiga ini sangat ramah lingkungan dan bunyi mesin yang lembut, tidak bandel dan tak mengeluarkan asap saat dikendarai. Sudah ramah lingkungan, transportasi ini sangat irit bahan bakar minyak (BBM).

Habis 1 liter BBM bisa menempuh jarak mencapai 30 kilometer. PT Assura Pratama Sukses, lanjut dia, juga menyiapkan bengkel resmi untuk servis dan menjual spare park yang original.

”Jadi pemiliknya kelak ngak usah khawatir, jika ada kerusakan pada Trans Bajaj,” ungkap mantan ketua DPC Organda Tanjungpinang ini.

Biaya perawatannya, kata dia, sangatlah murah. Dan selayaknya perawatan seperti vespa paling sekitaran Rp 100 ribu per bulan. Dan dapat digaransi transportasi ini terbilang tidak mudah rusak.

”Makanya, sangat cocok untuk para pengusaha melakukan investasi transportasi roda tiga (Trans Bajaj),” terangnya.

Apabila transportasi ini beroperasi di Tanjungpinang khususnya di Provinsi Kepri, katanya, jelas ini akan memberikan keuntungan buat pemerintah daerah.

Karena transportasi ini, bisa memberikan pendapatan asli daerah (PAD) khususnya di bidang pajak retribusi KIR.

Kemudian, dapat menambah lapangan pekerjaan. Transportasi ini juga mendukung pariwisata di daerah. Karena transportasi umum menjadi urat nadi pariwisata.

”Kalau pemerintah mengizinkan, kita pakai logo Tanjungpinang Kampoeng kite khusus di Kota Tanjungpinang. Jadi Trans Bajaj juga mendukung wisata,” terangnya lagi.

Ada juga keuntungan buat masyarakat. Karena lanjutnya lagi, transportasi tersebut dapat membantu masyarakat untuk melakukan bepergian dari rumah. Karena manajemen transportasi ini bakal menggunakan sistem call center.

Jadi, masyarakat cukup telpon, transportasi ini bakal datang ke rumah masyarakat yang telpon. Sebab, transportasi ini akan memanjakan masyarakat.

”Sudah harga murah, transportasi ini bisa membawa 2-3 orang ke tujuan,” ucapnya.

Transportasi ini juga membantu orangtua yang sudah memiliki anak sedang sekolah. Artinya, transportasi ini membantu mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Karena baik pengendara maupun penumpang transportasi ini dilindungi asuransi.

Dalam beroperasi Trans Bajaj akan bekerjasama dengan beberapa perusahaan operator Transportasi yang sudah ada seperti.

Koperasi Mandiri, Cahaya Bintan, Kop PSBP, Po Dewi Yanti, Po Roan Trans , Po Pacitan Indah dan yang lainnya. Artinya, ini terbuka dan peluang bagi perusahaan yang ada di Kota Tanjungpinang.

”Kami juga tentunya merekrut rekan-rekan yang biasa ngojek kemudian pengemudi angkot. Jika berminat investasi, silahkan datang ke showroom kami,” ujarnya.

Namun, jika belum memiliki modal dan berminat jadi pengemudi Tans Bajaj, pihaknya siap membantu menggandengkan dengan pengusaha lainnya. Untuk pengemudi Trans Bajaj nanti akan diadakan pelatihan khusus dan mendatangkan pelatih yang sudah handal.

Kemudian, mengenai SIM untuk Trans Bajaj untuk saat ini seperti Jakarta dan Bekasi mengunakan SIM A. Nanti, pihaknya akan mendiskusikan dengan Kapolres atau Kasatlantas tentang kepemilikan SIM untuk roda tiga atau disebut Angling Trans Bajaj.

”Alhamdulillah, Angling Trans Bajaj dapat respon positif dari empat kepala daerah dan Kadishubnya di Provinsi Kepri. Seperti Kota Tanjungpinang, Bintan, Lingga, dan Natuna,” sebut.

Hal ini langsung direpon baik oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Natuna, Iskandar DJ mewakili Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dengan adanya transportasi Trans Bajaj saat berkunjung di diler resmi transportasi roda tiga (trans bajaj) berada di Jalan WR Supratman, Km 12 arah Tanjunguban Tanjungpinang.

”Kita dukung transportasi roda tiga,” kata Iskandar.

Menurutnya, transportasi roda tiga sebagai angkutan menengah ke bawah. Karena bisa membantu masyarakat menengah ke bawah di Natuna. Kemudianm transportasi ini salah satu mendukung pembangunan di Kabupaten Natuna.

”Pokoknya kita respon baik lah. Karena ini sesuai visi misi Pak Bupati Natuna kita akan meningkatkan transportasi ramah lingkungan,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here