Balita Diberikan Vitamin A dan Obat Cacing

0
807
Hj. Handayani Ariza meneteskan vitamin A ke balita, kemarin. f-ist/humas pemko tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang bersama Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Kota Tanjungpinang memberikan vitamin A dan obat cacing bagi balita. Pemberian vitamin dan obat cacing ini berlangsung di Posyandu Sri Sehati 3 Kampung Sungai Sudip, Kelurahan Dompak, Rabu (8/8).

Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Handayani Ariza menyampaikan vitamin A merupakan zat gizi yang penting untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh balita.

Pemberian suplementasi vitamin A pada anak dilakukan 6 bulan sekali atau di bulan Februari dan Agustus.

”Vitamin A itu sangat penting bagi balita dan diharapkan para ibu untuk memberikan vitamin A kepada anak atau balita, sebab dengan asupan vitamin A yang terpenuhi dapat meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhana si kecil,” ujarnya.

Menurutnya, begitu juga dengan pemberian obat cacing sangat penting untuk sikecil dalam pencernaannya minimal 6 bulan sekali. Handayani juga menambahkan adapun sasaran pemberian vitamin A dilakukan pada anak usia 6-59 bulan. Ada dua jenis pemberian vitamin A kepada anak atau balita, yaitu kapsul biru diberikan untuk bayi 6-11 bulan, dan kapsul merah diberikan untuk anak umur 1-5 tahun.

”Apabila ada balita dan anak yang belum mendapat vitamin A, orang tua dapat segera membawa ke Puskesmas atau Posyandu selama bulan Agustus ini dan diperoleh secara gratis,” terangnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 51 orang anak yang secara rutin melakukan pemeriksaan di Posyandu Sri Sehati 3 Kampung Sungai Sudip Kelurahan Dompak. Hadir juga Lurah Dompak, Ketua TP PKK Dompak. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here