Balita Kurang Vitamin A, Akibatkan Kerabunan

0
710
Petugas Dinkes PPKB Kota Tanjungpinang sedang melakukan penetesan kapsul vitamin A pada salah satu Balita, belum lama ini.f-

TANJUNPGINANG – Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian  Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadinkes PPKB) Kota Tanjungpinang, Rustam menuturkan, kekurangan vitamin A pada Balita, bisa mengakibatkan rabun senja. Bila tidak teratasi, dapat berlanjut menjadi kebutaan.

Penyakit lain yang bisa timbul antara lain, mata kering, buta ayam, diare, kulit kering, lebih rentan terhadap campak dan ISPA.

Petugas Dinas Kesehatan, mulai, Kamis (1/2) akan memberikan vitamin A dosis tinggi kepada 2.163 bayi pada usia 6-11 bulan dan 17.613 Balita, usia 12-59 bulan.

Bagi bayi, akan diberikan kapsul warna biru dengan dosis 100.000 IU, sedangkan Balita kapsul merah berdosis 200.000 IU.

Baca Juga :  Mencari Ketua Umum Baru Kadin Tanjungpinang

Menurutnya, pemberian vitamin A memperkuat sistem kekebalan tubuh, terbukti bisa menurunkan angka kesakitan dan kematian anak. Ia meminta, pada orang tua dapat mengunjungi Posyandu di lingkungan masing-masing.

“Jangan smapai satu Balita pun yang tertinggal,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (30/1) kemarin.

Sambung Rustam, sejumlah fasilitas yang memberikan pelayanan kapsul vitamin A diantaranya, Pos Penimbangan Anyelir di Jalan AR Hakim Kelurahan Tanjung Ayun Sakti.

Posyandu Merak, Jalan Pompa Air Kelurahan Tanjungpinang Timur. TK/PAUD Maranatha di Jalan Raya Uban Km 12, TK/PAUD Azhar, Jalan Raya Uban Km 12.

Baca Juga :  Jadikan Masjid Sarana Menyebar Ilmu

Posyandu Permata Bunda, Jalan Pemasyarakatan Tanjungpinang Barat dan Posyandu Mawar Indah jalan Prambanan Bukit Cermin. Serta pemberian kapsul vitamin A di Posyandu lainnya mengikuti pada jadwal posyandu masing-masing.

Vitamin A terdapat pada buah dan sayur hijau, meski demikian, asupan dari sehari-hari tidaklah cukup, sehingga perlu diberikan tambahan suplemen kapsul vitamin A. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here