Bandara Internasional Harus Ada di Natuna

0
155
TEKEN: Presiden RI Jokowi saat menandatangani prasasti Bandara Ranai, Natuna disaksikan Menhub Budi Karya dan Gubernur Kepri Nurdin Basirun dan Bupati Natuna Hamid Rizal, belum lama ini. f-dok/tanjungpinang pos

NATUNA – Pesatnya pembangunan di Natuna serta potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah mengharuskan Natuna memiliki bandara internasional.

Apalagi, pemerintah pusat makin fokus membangun Natuna dengan menjadikan daerah itu salah satu basis pertahanan militer. Sektor perikanan juga dikembangkan hingga pariwisata.

Bupati Natuna Hamid Rizal pun sudah mewacanakan pembangunan bandara internasional di Natuna sejak dirinya dilantik. Apalagi, setelah dia mengusulkan percepatan pembangunan Natuna, wacana itu makin gencar.

Namun dengan kondisi keuangan negara yang mengalami devisit membuat seluruh provinsi maupun kabupaten/kota merasakan dampak dari pemangkasan anggaran. ”Jika tahun 2018 Natuna tidak devisit, kita akan ajukan lagi pembangunan bandara internasional. Soalnya sejak saya dilantik program pembangunan bandara internasional sudah pernah kita gaungkan dan kita akan coba mengusulkan lagi ke Presiden Joko Widodo,” ujar Bupati Hamid saat mengadakan coffee morning di RM. Doni Rinaldo, Ranai, Sabtu (18/11).

Bupati Hamid menjelaskan, pembangunan bandara internasional yang pernah dicanangkan BP3N akan kembali diajukan kepemerintah pusat. Karena dengan adanya pembangunan bandara tersebut jelas salah satu infrastuktur dalam pergerakan pariwisata.

”Kita akan usulkan kembali pembangunan bandara tersebut, selain menggerakkan perekonomian dan juga meningkatkan pariwisata Natuna,” ungkapnya.

Hal senada juga pernah disampaikan oleh Marzuki, anggota DPRD Natuna yang mengatakan, Natuna yang wilayahnya dihiasi berbagai kepulauan ini, sangat penting sekali memiliki bandara internasional. Hal ini dianggap perlu karena dengan adanya bandara tersebut para wisatawan mancanegara tidak perlu lagi singgah kemana-mana langsung bisa ke Natuna.

”Keinginan pembangunan bandara internasional di Natuna sangat bagus sekali, selain mempersingkat jarak tempuh dan meningkatkan pariwisata Natuna di kancah mancanegara,” kata Marzuki.

Dengan usulan pemerintah daerah ke pemerintah pusat untuk pembangunan bandara internasional dinilai cukup membantu sekali dalam membangun perekonomian Natuna. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here