Bandara RHF Terbaik Ke-2 di Dunia

0
1970
Ceria: Penumpang maskapai tampak ceria saat baru tiba di Bandara RHF Tanjungpinang beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

Tanjungpinang – Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang mendapat peringkat dua (2) dunia terbaik untuk kategori bandara berkapasitas di bawah 2.000.000 penumpang. Peringkat dua ini diberikan Airport Council International (ACI). Hal ini dibenarkan General Manager (GM) PT Angkasa Pura II Cabang Tanjungpinang, GM PT Agkasa Pura II Cabang Tanjungpinang, Yogi Prastyo saat dikonfirmasi Tanjungpinang Pos, Minggu (30/7).

Peringkat dua dunia ini, kata Yogi, berkat dukungan dari pemerintah daerah serta intansi terkait, mulai dari TNI-Polri, imigrasi, beacukai hingga petugas Bandara RHF Tanjungpinang. ”Karena tanpa berkat dukungan oleh semua pihak, bandara kita (Bandara RHF Tanjungpinang, red) tidak dapat peringkat dua dunia,” terang dia.

Sebelumnya, Yogi mengatakan, Airport Service Quality (ASQ) Quarter II/2017 telah melakukan survei hingga memberikan penilaian kepada Bandara RHF Tanjungpinang. Tim independen ini melakukan penilaian, mulai akses bandara, check-in, keamanan, fasilitas bandara, alat transportasi di bandara beserta kru pesawat, hingga ketersediaan tempat makanan dan minuman terdapat di bandara. ”Penumpang juga menentukan penilaian,” kata Yogi.

Baca Juga :  Mangrove 2,8 Ha Dibabat

Penilaian ini, kata dia, tidak baru pertama kali. Tapi, penilaian ini sudah yang ketiga kalinya di tahun 2017. Masih ada satu kali lagi, tim independen melakukan penilaian di Bandara RHF Tanjungpinang. Karena tim independen melakukan penilaian empat kali dalam satu tahun. ”Alhamdulillah, penilaian ke tiga ini, kita dapat peringkat dua dunia. Sebelumnya, saya tidak tau. Karena saya baru ditugaskan di Bandara RHF Tanjungpinang,” ucap dia.

Kalau peringkat dua bisa dipertahankan atau ditingkatkan lagi, baru tim independen akan memberikan seperti penghargaan kepada Bandara RHF Tanjungpinang. Tapi, ia tidak terlalu banyak berharap untuk dapat penghargaan tersebut. Yang paling penting dan utama, tegas dia, bagaimana penumpang merasa nyaman dan betah saat berada di Bandara RHF Tanjungpinang, sambil menunggu jadwal penerbangan bersama maskapai yang akan ditumpangi. ”Kita fokus ke pelayanan saja. Kalau pelayanan baik, pasti penilaian bakalan baik. Penghargaan itu, seperti bentuk penilaian bonus saja,” katanya.

Baca Juga :  Apri Doakan Proyek Waduk Kawal Cepat Selesai

Pelayanan yang dimaksudnya, bisa dari ramah tamah petugas di bandara dengan penumpang. Kalau petugas ramah, otomatis penumpang merasa nyaman berada di bandara. Kemudian, dari segi kebersihan dan masih banyak lagi yang perlu diberikan pelayanan terbaik buat penumpang saat berada di bandara. Ia sangat beryukur sekali, mulai saat ini hingga seterusnya, Bandara RHF Tanjungpinang sudah memiliki Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI). Apabila ada turis masuk ke bandara, petugas yang bersangkutan bisa langsung memeriksa turis tersebut sesuai tugas dan fungsinya. ”Semua ini berkat kerjasama dukungan dari pemerintah daerah dan intasni terkait untuk Bandara RHF Tanjungpinang,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here