Bandel, 140 Juru Parkir Diberi SP

0
130
Juru parkir sedang menata kendaraan roda dua di Jalan Kota Lama tepatnya di Pasar Baru Kota Tanjungpinang. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang sudah memberikan surat peringatan (SP) hingga teguran kepada 140 juru parkir di Kota Tanjungpinang yang bandel. Ini disebabkan, petugas Dishub Kota Tanjungpinang sering menemukan dan melihat langsung juru parkir yang melanggar aturan.

Misalnya, juru parkir kedapatan oleh petugas Dishub tidak menerapkan karcis parkir kepada pengendara. Baik itu kepada pemilik kendaraan sepeda motor maupun mobil. Sehingga pemilik kendaraan tidak menerima karcis parkir setelah uang diserahkan ke juru parkir tersebut.

Seharusnya, kata dia juru parkir wajib memberikan karcis parkir setelah uang diserahkan oleh pemilik kendaraan tersebut.

”Kalau juru parkir tidak serahkan karcis parkir, masyarakat jangan bayar uang parkir,” kata Teguh Santoso, Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Jalan Dishub Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (20/6).

Selain itu, petugas Dishub Kota Tanjungpinang juga menemukan juru parkir menyerahkan rompi parkir kepada orang lain.

Misalnya, si A sebagai juru parkir di lokasi pasar sesuai dengan surat tugas yang dikeluarkan oleh Dishub Kota Tanjungpinang. Tapi, orang yang diberikan rompi menertibkan kendaraan hingga mengambil uang parkir dari pemilik kendaraan.

”Ini yang sering kita temukan di lapangan,” terang dia. Ada juga, lanjut Teguh, ia menemukan langsung kendaraan sedang parkir di kawasan yang dilarang parkir. Ini dibuktikan dengan adanya rambu lalulintas terpasang di kawasan tersebut.

Atas kejadian tersebut, membuat pemilik kendaraan parkir diluar marka parkir yang disediakan di kawasan tersebut. Saat petugas Dishub Kota Tanjungpinang tegur, pemilik kendaraan diarahkan oleh juru parkir untuk memarkirkan kendaraan di kawasan tersebut.

Saat itu juga, petugas Dishub Kota Tanjungpinang mencari juru parkir yang bertugas di kawasan tersebut. Alasan juru parkir, bahwa tidak ada lagi lahan parkir untuk memarkirkan kendaraan di kawasan tersebut. ”Kita langsung tegur kepada juru parkir tersebut. Karena sudah melanggar peraturan yang berlaku. Salah satunya melanggar rambu lalulintas,” sebut dia.

Diharapkan, juru parkir untuk tidak memberikan lahan parkir kepada pemilik kendaraan yang ingin pakir. Agar tidak mengganggu atau menghambat arus lalulintas di kawasan tersebut. Kemudian, jangan parkirkan kendaraan diluar marka parkir yang sudah dibuat oleh Dishub Kota Tanjungpinang.

”Apabila ditemukan, maka kita akan melakukan pengembokan pada kendaraan tersebut,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here