Bangun Bandara Khusus Seaplane

0
63
Kadis Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar DJ.

Natuna – Pemerintah Provinsi Keperi berencana akan membangun bandara lagi di Natuna. Diperuntukkan khusus seaplane atau pesawat apung jenis ampibi. Lokasi pembangunanya di dua tempat. Yaitu di Pulau Setanau, Kecamatan Pulau Tiga dan Pulau Senoa, Kecamatan Bunguran Timur.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar Dj mengatakan, ke dua lokasi ini akan segera dikaji kelayakannya sebagai pangkalan pendaratan seaplane. Pihaknya sedang berkoordinasi dengan para ahli dan pihak terkait.

“Kedua pulau ini dipilih karena merupakan objek wisata. Tujuan utamanyai untuk mendukung pengembangan pariwisata Natuna dan konektivitas dengan daerah luar,” ujar Iskandar Dj.

Dituturkannya,  rencana pembangunan ini telah mengemuka dan disepakati saat pertemuan dengan pejabat Provinsi Kepri, beberapa waktu lalu.

“Perencanaan ini sudah disepakati, hanya saja mengenai teknis belum bisa dikemukakan karena masih dalam tahap perencanaan,” kata Islandar Dj dikantornya, Komplek Pelabuhan Tanjung Payung, Ranai, Kamis (11/4).

Ia belum bisa memastikan terkait waktu dan anggaran pembangunan pangakalan udara tersebut. Dipastikannya, pembangunan pangkalan udara semacan ini lebih mudah karena tidak memerlukan sarana pendaratan yang besar dan banyak. Diantaranya, runway, taxi way dan sarana lainnya sebagaimana lazimnya bandar udara.

“Saya rasa pangkalan semacam ini cocok di Natuna sebagai daerah maritim. Kami berharap ini bisa cepat terealisasi agar bisa lebih mumpuni sebagai tujuan wisata. Mudah-mudahan upaya pembangunannya dapat berjalan lancar,” tuturnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here