Bangun Desa, Libatkan Masyarakat

0
57
BUPATI Bintan H Apri Sujadi meninjau jalan pelantar di desa Kampung Hilir, Kecamatan Tambelan, belum lama ini. f-istimewa/kominfo bintan

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi kembali mengingatkan, agar pemerintah desa memprioritaskan ADD dan DD, untuk membangun infrastruktur jalan desa. Dalam melaksanakan pembangunan itu, pemerintah desa setempat diminta melibatkan masyarakat.

”Bangun desa, harus melibatkan masyarakat setempat. Kita berikan anggaran alokasi dana desa, maupun dari dana desa cukup besar, itu tujuannya untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat,” tegas H Apri Sujadi, Kamis (10/5) kemarin.

Justru itu, Bupati Bintan meminta kepala desa yang telah menerima dana desa untuk memprioritaskan pemakaian anggaran desa, untuk pembangunan infrastruktur. Karena, infrastruktur yang baik akan dapat membuka akses ekonomi, agar bisa berjalan lancar.

”Kepala desa yang telah menerima dana desa, untuk segera membangun atau memperbaiki infrastruktur. Terutama jalan. Kalau di daerah pesisir atau pulau, seperti di Tambelan, tolong bangun jalan pelantar,” pesan bupati.

Menurut bupati, kepala desa harus memahami dapat membuat kegiatan, berdasarkan skala prioritas. Karena, ungkap H Apri Sujadi, banyak keluhan terkait kondisi infrastruktur di desa yang dibangun tidak memadai, dan menghambat aktivitas perekonomian masyarakat.

”Keluhan seperti itu, yang banyak saya terima melalui SMS, akhir-akhir ini,” ungkapnya.

”Saya ingatkan lagi, bangun desa sesuai prioritas yang diperlukan masyarakat. Kemudian, membangunnya pun harus melibatkan warga. Bahkan, dana desa juga digunakan untuk merekrut tenaga kerja kebersihan, maupun hansip,” sambung H Apri Sujadi.

Hanya sebagai evaluasi, lanjut H Apri Sujadi, tahun anggaran 2017 lalu, pemerintah telah melakukan pembangunan infrastruktur jalan aspal sepanjang 9,235 kilometer, jalan tanah sepanjang 1,2 kilometer, dengan peningkatan jalan 1,422 kilometer.

”Tahun 2018, kita harapkan pembangunan infrastruktur jalan desa dapat ditingkatkan lagi. Gunakan dana desa itu, untuk memberikan pendapatan warga,” demikian disampaikan H Apri Sujadi.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here