Bangun Konektivitas Lintas Wilayah

0
189

Gubernur Paparkan Proyek Strategis 2018-2019

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menegaskan, dirinya akan komitmen membangun proyek strategis pembangunan mulai tahun 2018-2019 mendatang.

DOMPAK – Hal itu dilakukan sebagai salah satu sektor meningkatkan konektivitas lintas wilayah kabupaten/kota, memacu pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan di Kepri.

Proyek strategis tersebut antaranya, Penataan Kawasan Gurindam 12 Kota Tanjungpinang, Pembangunan Jembatan Selayang Pandang Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas, Pembangunan dan pengembangan Jalan Simpang Calista- Simpang Franky Kota Batam.

Serta pembangunan Jalan Provinsi Kepri di Kabupaten Lingga, Penataan Kawasan Teluk Keriting di Tanjungpinang, Penyiapan Kawasan Permukiman siap bangun di Pulau Dompak, Penataan Kawasan Balai Adat Pulau Penyengat. Kemudian, Pembangunan Jembatan antar Pulau di Kabupaten Karimun, Pembangunan Jalan Lintas Barat Kabupaten Bintan, Peningkatkan Jalan Trans Batubi-Tj.

Kudu Sedanau Kabupaten Natuna, dan Peningkatkan Jalan Trans Batubi-Klarik Kecamatan Bungguran Barat Kabupaten Natuna.  ”Program ini disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ujar Nurdin, kemarin di Dompak.

Nurdin juga membeberkan, progres pembangunan di sektor perhubungan, antara lain yang jadi perioritasnya pelabuhan Berhala Kabupaten Lingga, fasilitas pelabuhan bongkar muat Tanjunguban, Bintan.

Pengembangan Pelabuhan Penagi Natuna dan Pelabuhan Pelantar I dan II, Pelantar KUD Kota Tanjungpinang. Serta Pelabuhan Parit Rempak Kabupaten Karimun, dan dermaga Wisata Pulau Penyengat Kota Tanjungpinang.

Terakhir ia membeberkan progres pembangunan di sektor pariwisata yang di implementasikan ke dalam tujuh koridor pariwisata daerah, berdasarkan keunggulan masing-masing.

Koridor Pariwisata Daerah (KPD) Batam sebagai kawasan Wisata Kota, Wisata Bahari dan Wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition), Wisata Minat Khusus, Wisata Terpadu, Eksklusif, Wisata Agro dan Wisata Alam.

Koridor Pariwisata Daerah (KPD) Bintan sebagai kawasan Wisata Terpadu, Eksklusif, Kawasan Wisata Terbuka Umum dan Wisata Minat Khusus. Koridor Pariwisata Daerah (KPD) Karimun sebagai kawasan Wisata Alam, Wisata Minat Khusus dan Wisata Agro. Koridor Pariwisata Daerah (KPD) Tanjungpinang sebagai kawasan Wisata Sejarah, Wisata Budaya dan Wisata Kreatif.

Koridor Pariwisata Daerah (KPD) Natuna sebagai kawasan Wisata Bahari, Ekowisata dan Minat Khusus. Koridor Pariwisata Daerah (KPD) Anambas sebagai kawasan Wisata Bahari dan Ekowisata, dan Koridor Pariwisata Daerah (KPD) Lingga sebagai kawasan Wisata Sejarah, Wisata Budaya, Wisata Alam dan Wisata Bahari.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here