Bangun Natuna, Minta APBN Rp 5,442 Triliun

0
588
WARGA Natuna memperbaiki jembatan kayu yang rusak, baru-baru ini.f-hardiansyah/tanjungpinang pos

Natuna – Untuk membangun Natuna tahun 2019 nanti, maka Pemkab Natuna meminta pemerintah pusat mengucurkan APBN sekitar Rp 5,442 triliun untuk membiayai 380 kegiatan. Kemudian, diminta juga APBD Kepri dikucurkan ke Natuna sekitar Rp 1,383 triliun untuk membiayai 336 kegiatan yang diusulkan.

Sedangkan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Natuna tahun 2019 yang terdiri dari 215 program dan 1.035 kegiatan, total dana yang dibutuhkan sebesar Rp 4,574 triliun.

Semua angka ini diperoleh setelah penutupan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Kabupaten Natuna tahun 2018, kemarin. Saat itu disepakati beberapa pokok pembangunan dari APBD dengan total 4,574 triliun. Kesepakatan itu berdasarkan penyampaian pokok pikiran DPRD Kabupaten Natuna, pemaparan Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BPPPD).

Baca Juga :  Biaya Pemindahan Ibu Kota Baru Rp466 Triliun

Kemudian pemaparan Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Pemaparan Dinas Perikanan, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan serta tanggapan seluruh peserta Musrenbang terhadap materi yang disampaikan oleh SKPD menjadi kesepakatan.

Adapun hasil kesepakatan Pembangunan Daerah Natuna yaitu pengembangan dan penguatan potensi ekonomi daerah, peningkatan kualitas dan pengelolaan lingkungan hidup, pemerataan dan peningkatan kualitas pelayanan pendidikan.

Kemudian peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan dan perluasan kesempatan kerja, percepatan pengentasan kemiskinan, pengembangan ekonomi kerakyatan, agrobisnis, peningkatan kawasan terisolir, peningkatan akses ke kawasan ekonomi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah Natuna. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here