Bangun Pemuda Kepri Lewat Pramuka

0
64
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun disambut Pramuka di Karimun. f-istimewa/humas pemprov kepri

KARIMUN – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, Pramuka merupakan organisasi yang tepat dalam membentuk karakter pemuda yang lebih positif.

Generasi Pramuka selalu memiliki jiwa kepemimpinan, mandiri, berani, berakhlak mulia, kreatif dan kreatif. Mereka ini ke depannya dapat berperan aktif dalam membangun Kepulauan Riau.

”Pemuda dapat terus mengembangkan karakter mereka ke arah yang lebih positif, berdaya saing dan mampu berkompetisi sehingga dapat berpartisipasi dalam membangun Kepulauan Riau. Semua itu bisa melalui Pramuka,” ujar Nurdin saat melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Karimun masa bhakti 2018-2023 bertempat di Gedung Nasional, Karimun, Kamis (10/1).

Menurut Nurdin, kegiatan Pramuka bisa menjadi penyeimbang bagi kegiatan pembelajaran dalam kurikulum formal. Kurikulum formal lebih mengisi pada ranah kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (ketrampilan).

”Dengan kegiatan Pramuka ini akan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan perilaku) sebagai bekal berharga menyongsong masa depan,” lanjut Nurdin.

Kepada kepengurusan yang baru dilantik, Nurdin berharap agar segera menggelar rapat kerja dan merumuskan setiap agenda yang akan dilakukan untuk segera dilaksanakan oleh gerakan Pramuka di Karimun.

”Karena masa depan Kepri berada di tangan para pemuda dan dengan pendidikan pramuka lah akan lahir pemuda yang siap meneruskan pembangunan di daerah ini,” tambah Nurdin lagi.

Nurdin yakin dengan keberadaan pramuka serta terus aktifnya setiap kegiatan yang dilakukan, maka generasi muda tidak hanya mampu beraksi di daerah namun juga dapat membawa nya ke kancah nasional bahkan hingga internasional. ”Kita ingin negara ini memiliki SDM yang berkualitas, membawa kejayaan bangsa dan negara serta mampu menghadapi setiap tantangan di masa depan,” tutup Nurdin.

Sekdaprov Kepri yang juga Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kepri H TS Arif Fadillah mengatakan bahwa secara nasional, tertuang dalam UU Nomor 12 Tahun 2010 Pemerintah bersama semua komponen terkait terus berkolaborasi dalam berupaya untuk mensukseskan kepramukaan hingga ke daerah.

”Berbagai kegiatan di semua tingkat di daerah terus kita lakukan rutin setiap tahunnya, ini sebuah upaya agar terus mendorong sumber daya manusia kita untuk melakukan berbagai kegiatan positif didalam lingkup kepramukaan,” ujar Arif.

Senada dengan Gubernur, Sekda Arif juga mengajak jajaran Kwarcab Pramuka di Karimun untuk dapat terus aktif dalam menjalankan setiap agenda kepramukaan di daerah.

Gubernur Nurdin selaku Mabida Pramuka Provinsi Kepri, berdasarkan Surat Keputusan Nomor 014 Tahun 2018 tentang susunan pengurus Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Karimun, melantik Bupati Karimun Aunur Rafiq sebagai Ketua Mabicab bersama 5 orang Wakil Ketua dan 1 orang Sekretaris. Kemudian Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 015 Tahun 2018 tentang susunan pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Karimun, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim dilantik sebagai Ketua Kwarcab bersama 5 orang Wakil Ketua, 3 orang Sekretaris, 2 orang bendahara dan 47 orang anggota lainnya. Serta berdasarkan Surat Keputusan Nomor 016 Tahun 2018 tentang Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Karimun.

Pelantikan ditutup dengan penandatanganan naskah ikrar dan naskah pelantikan serta dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan Ketua Mabicab Kabupaten Karimun oleh Ketua Mabida Provinsi Kepri. Sebelum pelantikan sendiri, Gubernur beserta rombongan disambut oleh barisan para pramuka dengan yel-yel khasnya yakni tepuk pramuka disepanjang jalan hingga sampai kelokasi acara.

Hadir pada kesempatan tersebut Staf Ahli Gubernur Syamsuardi, Kepala Dinas Perdagangan Burhanuddin, Kepala Dinas Kependudukan Sardison, Kepala Dinas PU Abu Bakar, Kepala Dinas ESDM Amjon, Kepala Badan Kesbangpol Lamidi, Kepala Biro Perekonomian Heri Andrianto, Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi, Kepala Biro Humprohub Nilwan beserta tamu undangan lainnya. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here