Bangun Rumah Harus Ada MCK

0
631
zulfaefi

BINTAN – Zulfaefi, Ketua Pansus Ranperda Limbah Domestik DPRD Bintan mengatakan, membangun rumah harus memperhatikan sanitasi lingkungan dan MCK. Hal itu diatur dalam Perda limbah domestik.

Perda ini bakal menjadi dasar hukum pemerintah, untuk menata pemukiman di Bintan yang masih kurang baik, atau tidak layak sesuai sanitasi lingkungan yang sehat. Di Bintan masih banyak pemukiman yang belum layak, sesuai standar kesehatan.

”Begitu juga peralatan seperti mobil sedot tinja, yang baru satu unit. Dengan Perda ini nanti, akan ditata lingkungan pemukiman dengan pembangunan pemerintah,” katanya, Senin (17/4).

Zulfaefi menambahkan, seperti pembangunan WC Komunal yang sudah ada serta penataan bangunan pemukiman diharapkan, akan mengurangi permasalahan limbah rumah tangga. Dengan adanya penataan maka limbah tidak akan langsung masuk ke laut.

”Dengan adanya Perda ini, tidak hanya untuk penataan lingkungan pemukiman dan limbah saja. Namun jangka panjangnya untuk pengembangan limbah rumah tangga, menjadi sumber energi dan bentuk lain yang bermanfaat serta ramah lingkungan,” jelasnya.

Seperti untuk pertanian, lanjutnya, limbah domestik rumah tangga diharapkan juga dapat diolah menjadi pupuk pertanian seperti yang dilakukan di perkebunan pulau Jawa dan Sumatra. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here