Bangun Sarana, Pemprov Kucurkan Rp 50 Miliar

0
260
TINJAU: Taufik anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Anambas dan Natuna ketika meninjau pembangunan pelabuhan. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

ANAMBAS – PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) telah mengucurkan anggaran Rp 50 miliar untuk Kabupaten Anambas. Dana itu untuk membangun sarana umum yakni jalan, serta jalan perkantoran dan lainnya.

Untuk membangun jalan di Pulau Jemaja, akan menelan anggaran RP 8,5 miliar. Sedangkan, pembangunan sarana jalan untuk perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas sebesar Rp 12 miliar. Jumlah anggaran yang dikucurkan tahun ini, lebih besar dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Taufik mengatakan, kebutuhan mendasar masih menjadi keluhan utama masyarakat Anambas yakni air, listrik, dan telekomunikasi. Selain itu, kebutuhan akan pendidikan dan kesehatan juga masih memerlukan perhatian.

”Sejumlah daerah saya datangi saat reses, dan kebutuhan dasar masih menjadi persoalan klasik. Hal itu yang harus kita penuhi,” ujar Taufik. Ia menyebutkan, pada tahun ini anggaran untuk reses yang dikucurkan ke Anambas sebesar Rp 5 miliar. Untuk itu, ia melaksanakan reses dengan mengunjungi Teluk Mabai, Selamba di Kecamatan Siantan. Lalu, Kecamatan Siantan serta Kecamatan Palmatak. Di sejumlah kecamatan yang dikunjungi, permintaan masyarakat lebih kepada pembangunan sarana pelabuhan.

Dengan mayoritas profesi sebagai nelayan, keberadaan pelabuhan dinilai penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Ia harapkan, pemerintah daerah menampung usulan masyarakat tersebut melalui Musrenbang. Pihaknya akan semaksimal mungkin untuk memperjuangkan kebutuhan masyarakat Anambas, agar usulan tersebut dapat terealisasi.

”Kita di provinsi siap dorong itu, agar usulan yang disampaikan masyarakat dapat terealisasi sesuai dengan harapannya,” ungkapnya. Anggaran Rp 50 miliar untuk Anambas tahun ini, ia berharap segala perencanaan yang menggunakan anggaran tersebut ses uai peruntukkannya. Sehingga, masyarakat benar merasakan manfaat dari pembangunan tersebut.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here