Bangunan di Atas Drainase Mulai Ditertibkan

0
568
Terobos banjir: pengenda kendaraan menerobos genangan air di Simpang Jam, Baloi, beberapa waktu lalu. F-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Langkah tegas terhadap bangunan di atas saluran air dan drainase di Batam, mulai dijalankan pemerintah Kota Batam. Kali ini, pemerintah melalui pemerintah tingkat kecamatan mulai melakukan penertiban bangunan diatas saluran air di Batam. Di antaranya, penertiban terhadap usaha cuci motor di atas drainase dilakukan kawasan Perumahan Prana Jaya, Kibing, Batuaji.

Penertiban berjalan, Selasa (6/6) pagi, dengan pembongkaran bangunan di atas drainase. Bangunan itu digunakan sebagai usaha cuci motor. Pembongkaran dilakukan, karena bangunan itu merupakan bangunan ilegal. Selain itu, bangunan itu mengganggu jalur drainase utama, sehingga menyebabkan banjir.

”Ini mengganggu dan tidak ada izin. Ini mengganggu dan untuk kepentingan pribadi,” tegas Kasi Penindakan dan Penertiban Satpol PP, Imam Tohari. Penertiban dilakukan setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat, terkait bangunan yang berdiri diatas drainase dan mengganggu jalur drainase.

Imam mengingatkan agar masyarakat menertibkan bangunan milikinya yang melanggar ketentuan. Untuk bangunan ilegal diatas saluran air atau drainase, tidak perlu harus ada pemberitahuan. ”Kami akan menertibkan semua bangunan ilegal, terutama diatas drainase secara bertahap,” tegasnya.

Sementara Camat Batu Aji, Fridkalter mengatakan, penertiban dilakukan sesuai dengan perintah Wali Kota. Perintah itu mereka tindaklanjuti, untuk mengantisipasi potensi banjir akibat bangunan diatas drainase. ”Kita menjalankan amanat pimpinan. Bangunan yang ditertibkan juga, karena melanggar ketentuan,” katanya.

Diimbau kepada masyarakat Batuaji agar tidak mendirikan bangunan diatas drainase atau saluran air. Diharapkan, fasum dan fasos dipelihara dengan baik, sebagaimana peruntukannya. ”Ini semua demi kebaikan masyarakat. Mari kita sama-sama jaga agar daerah kita tidak banjir,” imbaunya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here