Bangunan Liar Langsung Digusur

0
414
BANGUNAN LIAR: Satpol PP Kota Tanjungpinang saat merobohkan bangunan liar di dekat Jembatan 1 Dompak, Tanjungpinang, Selasa (31/10).

Lahan bakau menuju jembatan Dompak ternyata menarik bagi warga untuk mendirikan bangunan. Selain akses jalannya sudah sangat bagus, juga dekat dengan pusat keramaian. Dalam waktu beberapa hari saja, sudah muncul banyak bangunan liar. Salah satu diantara bangunan itu langsung digusur Satpol PP, pada Selasa (31/10).

TANJUNGPINANG – Bangunan ini langsung dirobohkan karena belum dihuni lantaran belum selesai. Sementara, pemilik bangunan lainnya dipanggil Satpol PP agar merobohkan sendiri bangunan yang didirikan karena berada di lahan hutan bakau.

Tim penertiban yang turun di antaranya dari Satpol PP, Kodim serta dari Polres Tanjungpinang. Penertiban bangunan yang tak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) tersebut menggunakan alat seadanya. Beberapa personel Satpol PP satu persatu melepaskan, tiang bangunan. Proses penertiban berjalan lancar tanpa ada perlawanan.

Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Tanjungpinang H Efendi, menyampaikan, penertiban bangunan liar di sekitar pintu masuk Jembatan Dompak itu karena bangunan itu tak mengantongi IMB serta lokasi yang digunakan adalah lahan yang terlarang untuk dibangun.

”Pemprov Kepri sudah mendesain lokasi tersebut akan dibuat taman hijau, sehingga setiap bangunan yang sudah ada pelan-pelan akan ditertibkan,” tegas Efendi kepada Tanjungpinang Pos.

Menurut Efendi, setiap orang yang ingin mendirikan bangunan harus terlebih dahulu mengurus IMB. ”Bangunan itu didirikan di atas lahan mangrove. Posisinya sebelah kiri kanan jalan menuju Jembatan. Pemprov juga memerintahkan ke kita supaya menyampaikan imbauan ke masyarakat yang berada di sekitar loaksi tersebut agar tidak mendirikan bangunan. Ini peruntukannya adalah taman dan penyangga jembatan,” beber Efendi.

”Saat ini semua bangunan di sekitaran jembatan itu tidak ada yang mengantongi ada izin IMB, ajdi harus kita gusur,” timpalnya.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here