Banjir di Jalan Pemuda Mulai Diatasi

0
851
BANJIR: Inilah kondisi Jalan Pemuda di depan SMAN 4 bila turun hujan deras. f-dok/tanjungpinang pos

SENGGARANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) IV, menyosialisasikan rencana pembangunan pengendalian banjir Jalan Pemuda Kota Tanjungpinang.

Sosialisasi tersebut dipaparkan langsung perwakilan BWS Sumatera bagian IV, Ardananto di hadapan sejumlah pejabat dinas terkait, camat, lurah, kepolisian serta TNI, di ruang rapat Lantai II, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senggarang, Rabu (22/1).

Ardananto mengatakan, salah satu permasalahan yang ada di Kota Tanjungpinang adalah masalah banjir perkotaan. Penyebab banjir itu sendiri tidak hanya karena satu faktor saja, tapi perkembangan kota sangat mempengaruhi perubahan pola aliran air.

Untuk penyebab banjir di Jalan Pemuda, itu karena frekuensi banjir terjadi akibat curahan air hujan dan ada pengaruh air pasang.

Tinggi banjir/genangan sekitar 20-60 centimeter, lama banjir/genangan bisa terjadi 2 jam hingga 3 jam. Sedangkan luas genangan 9.10 haktare disebabkan oleh lokasi merupakan daerah cekungan. Kemudian, adanya pengaruh air pasang, banyak terdapat sampah di saluran air. Pemukiman, pertokoan dan sekolah yang tekena dampaknya.

Untuk mengatasi permasalahan itu maka rencana penanganannya dengan melakukan normalisasi saluran, kolam retensi, tanggul penutup dan pompa banjir.

”Pelaksana penanganan banjir di Jalan Pemuda akan dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT. Jaya Kencana Sarana dan Konsultan Supervisi oleh Tata Bumi Konsultan dengan pembangunan drainase seluas 800 metar yang berasal dari sumber dana APBN 2017,” katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah berharap titik banjir tidak terjadi lagi di Jalan Pemuda.

”Alhamdulillah dengan usaha bersama, kita dapat dana APBN untuk mengatasi banjir di Jalan Pemuda,” tegasnya.

Dalam normalisasi drainase nanti, halaman sekolah SMAN 4 Tanjungpinang, akan terkena bangunan.

”Pagar sekolah kena proyek pelebaran drainase, tak masalah demi tidak banjir lagi kawasan ini,” tegasnya. (bas) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here