Banjir di Kawasan Rawasari akan Ditangani BM

0
390

TANJUNGPINANG – Tahun ini, Bidang Bina Marga (BM) di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tanjungpinang akan menangani banjir di kawasan Jalan Gatot Subroto tepatnya Rawasari Batu 5 Bawah. Hal ini dikatakan Kepala Bidang (Kabid) BM Dinas PUPR Tanjungpinang, Zulhairi kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (9/3).

Ia menuturkan, biaya pekerjaan bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2018. Senilai Rp 4,5 miliar. Dari dana tersebut ada dua jenis pekerjaan, pertama pelebaran drainse dan yang kedua peningkatan jalan sepanjang 500 meter.

Dituturkannya, pekerjaan pelebaran drainase untuk mengurangi ketinggian genangan air saat hujan turun disertai air laut yang pasang. “Saluran airnya dari drainase akan dipisah, biar debit airnya bisa lebih mudah mengalir,” ungkapnya.

Zulhairi menuturkan, total bantuan yang diterima dari pusat tahun ini senilai Rp 15 miliar lebih. Jumlah ini menurun bila dibandingkan tahun lalu sekitar Rp 18 miliar lebih. Dari bantuan itu, Bidang BM merencanakan tiga pembangunan jalan dan beberapa peningkatan jalan.

Pembangunan jalan diantaranya, di Jalan Sungai Jari, Kelurahan Dompak dengan panjang satu Kilo Meter (Km) lebih. Menurutnya, di kawasan tersebut butuh pembangunan jalan sekitar 2,3 Km lebih. Melihat kemampuan anggaran saat ini, hanya mengerjakan setengahnya dengan pagu anggaran senilai Rp 3,7 miliar.

Selain itu, pembangunan jalan di Air Ratu, Kelurahan Air Raja. Panjangnya juga hampir satu kilo dengan pagu anggaran Rp 3,4 miliar. Pembangunan jalan di Lembah Merpati dua, dengan panjang sekitar 700 meter.

Sisanya untuk peningkatan jalan, diantaranya di Jalan Pramuka tepatnya di Bekalang Eks Kantor Gubernur Kepri. Disinggung mengenai peningkatan jalan yang bersumber dari APBD Pemko, dituturkannya, ada. Hanya saja jumlahnya tidak besar, senilai Rp 300 juta.

Rencananya peningkatan jalan di kawasan Arif Rahman Hakim, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti dengan panjang 300 meter. Menurutnya, pekerjaan akan di mulai awal Mei mendatang. Kini masih proses pemberkasan sembari menunggu kesiapan lelang di LPSE. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here