Banjir Disebabkan karena Drainase Tak Layak

0
912
BANJIR: Tabung gas hanyut, saat hujan deras di Tanjunguban Kota, Sabtu (4/3) lalu.F-ISTIMEWA

TANJUNGUBAN – Helmi Setyawati, Lurah Tanjunguban Kota, Kecamatan Bintan Utara mengatakan, penyebab banjir di wilayahnya, Sabtu (4/3) lalu, disebabkan karena saluran drainase yang tidak layak.

”Semua lokasi banjir sudah kami tinjau dan lakukan gotong royong. Selain intensitas hujan yang lebat, banjir disebabkan karena drainase yang tidak layak. Bahkan, ada lokasi banjir yang tidak ada drainase air menuju muara laut,” katanya, Senin (6/3).

Ia menyebutkan, untuk di wilayahnya tercatat 46 KK yang mengalami musibah banjir parah yang sampai setinggi pinggang orang dewasa. Namun warga yang terkena banjir setinggi mata kaki atau lebih tinggi sedikit jumlahnya, memang tidak didata.

Baca Juga :  Monitoring, Satpol Bongkar Bangunan Tak Sesuai IMB

Pemerintah kelurahan sudah berikan bantuan makanan dan peralatan pembersih rumah. Kemudian daru Dinsos dan Tagana juga sudah menyiapkan bantuan. Beberapa lokasi banjir sudah dilakukan goro dan pembersihan drainase.

”Namun seperti di Kampung Jeruk memang cukup sulit membuat drainase, harus menggunakan alat berat agar air mengalir ke muara laut,” terangnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, pihak kelurahan dan warga akan melakukan goro lagi untuk membersihkan drainase.

”Kami juga akan melaporkan ke Pemkab Bintan soal penataan drainase yang lebih baik lagi,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here