Banjir, Dua Sekolah Diliburkan

0
553
KONDISI SDN 022 Panggak Laut yang digenangi air dan aktivitas belajar diliburkan setelah diguyur hujan 3 jam lebih. F-ISTIMEWA

Hujan lebat yang turun di Desa Panggak Laut dan Desa Nerekeh, Senin (6/8) menyebabkan dua sekolah SD terpaksa diliburkan. Tidak hanya itu, perumahan warga di beberapa lokasi tergenang air.

LINGGA – Sebab, hujan yang turun di dua desa tersebut lebih dari 3 jam. Sehingga, banjir pun tak terelakkan dan murid-murid sekolah Dasar Negeri (SDN) 022 Desa Panggak Laut dan SDN 012 Desa Nerekeh diliburkan.

Hal itu dilakukan, karena seluruh lokal tergenang air yang tingginya hingga selutut orang dewasa.

Baca Juga :  DD Telat Cair, Pembangunan Desa Terhambat

Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdik Lingga Hendry Efrizal mengatakan, pihaknya telah mendapatkan informasi kondisi sekolah dari masing-masing kepala sekolah.

Untuk menghindari dari hal yang tidak diinginkan, maka Disdik Lingga memberikan rekomendasi kepada sekolah untuk libur.

”Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, dalam situasi banjir ini. Kami memberikan rekomendasi untuk meliburkan muridnya. Kejadian ini termasuk bencana kecil,” kata Hendry.

Ia menambahkan, pihaknya secara langsung telah melakukan pemantauan ke lokasi sekolah yang terkena banjir dadakan ini.

Hasil pantauan itu, memang didapati dua sekolah tersebut terkena banjir hingga air masuk ke ruangan kelas.

Baca Juga :  Lingga Resmi Tambah Dua Kecamatan

”Airnya memenuhi ruangan kelas. Memang lebih baik diliburkan saja murid-murid kita,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Panggak Laut Ahmad mengatakan, akibat hujan yang turun tersebut, ada sekolah dan perumahan warga yang tergenang air. Banyak fasilitas umum juga mengalami kondisi yang sama.

”Tidak hanya itu, fasilitas umum seperti jalan sekolah, puskemas pembantu turut digenangi. Airnya diperkirakan naik hingga puluhan sentimeter,” ucapnya.

Dia menjelaskan, banjir ini terjadi karena kondisi cuaca saat ini yaitu musim angin selatan saat ini dan air laut akan pasang besar.

Baca Juga :  Sekda Protes saat Peresmian Kantor BNI

Bila hal ini disertai hujan deras, maka bisa dipastikan air akan naik ke pemukiman warga. ”Kami hanya bisa berharap dan berdoa, semoga hujan tidak turun ketika air pasang,” imbuhnya. (TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here