Banjir, Puluhan Hektare Proyek Sawah Rusak

0
598
TERENDAM: Lokasi percetakan sawah di Desa Panggak Darat yang terendam banjir akibat hujan deras yang melanda Lingga. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Lingga – PULUHAN hektar percetakan sawah bantuan pemerintah pusat melalui kementrian Pertanian di Desa Bukit Langkap, Kecamatan Lingga Timur terendam air, Minggu (4/3). Banjir diakibatkan curah hujan yang tinggi selama sepekan terakhir di daerah tersebut.

”Banjir tidak hanya merendam puluhan hektar sawah, tapi juga menutup jalan lintas utama di daerah tersebut menuju Kota Daik,” kata Kepala Desa Bukit Langkap, Sudarmin, kemarin.

Dikatakannya, banjir yang terjadi tersebut adalah yang terburuk yang terjadi sepanjang satu tahun terakhir.

”Memang setiap tahun wilayah tempat dibangun sawah itu kebanjiran. Kalau melihat dari siklus tahunan, bisanya pada bulan-bulan Desember sampai Januari. Yang terjadi kali ini diluar prediksi,” katanya.

Kondisi banjir yang terjadi pada saat ini tidak prediksi warga, sehingga tidak ada upaya antisipasi yang dilakukan untuk mencegah banjir musiman ini datang.

”Hanya kali ini tidak sempat kami antisipasi, karena biasanya bulan Maret ini kemarau,” tuturnya.

Akibat banjir, sambungnya, satu hektar sawah yang telah ditanam rusak dan satu hektar lainnya masih dapat diselamatkan dengan cara pindah tanam.

Tidak hanya kerusakan tanaman padi akibat banjir ini. Pada puncak banjir yang terjadi, Sabtu (4/3), warga juga tidak dapat melalui jalan umum pada ruas jalan tertentu, karena air yang tergenang hingga sepinggang orang dewasa.

”Hujannya hampir setiap hari dalam satu minggu ini. Kendaraan roda dua tidak bisa lewat di jalan lintas sekitar sawah itu,” imbuhnya.(Tengku)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here