Bantu Data Ulang Penduduk Letung

0
135
MAHASISWA kelompok KKN Stisipol Raja Haji saat mendata warga di Kelurahan Letung Anambas. f-istimewa

Mahasiswa Stisipol KKN di Anambas

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang membantu memperbaharui data kependudukan di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

ANAMBAS – Pihak Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas memperbarui data kependudukan bersama mahasiswa. Kelurahan Letung, terdapat 5 RW dan ada 18 RT.

Pendataan ulang kependudukan itu, dilaksanakan mahasiswa-mahasiswi Stisipol Raja Haji Tanjungpinang.

Kebetulan, keberadaan mahasiswa-mahasiswi tersebut juga sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Letung sejak 7 Juli lalu.

Rizki Mulyanto, Ketua Kelompok KKN Kelurahan Letung menjelaskan, pihak Kelurahan Letung setiap 6 bulan sekali selalu memperbarui data penduduknya.

Sebab, lanjut Rizki Mulyanto, dalam masa itu tentunya ada indikasi perubahan.

”Perubahan itu, mulai dari warga yang pindah domisili, meninggal dunia hingga pendatang baru. Sehingga, pendataan harus sesuai dengan warganya,” ujar Rizki Mulyanto, mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan, Stisipol Raja Haji, Jumat (2/8) melalui pesan Whatsappnya.

Untuk melakukan pendataan ulang, kelompok KKN Kelurahan Letung dibagi beberapa kelompok.

Karena memiliki 18 RT, maka satu orang mahasiswa menyelesaikan pendataan ulang satu RT yang berlangsung mulai Sabtu (27/7) hingga Rabu (31/7) lalu.

Sebab, jumlah mahasiswa-mahasiswi di kelompok KKN Kelurahan Letung juga berjumlah 18 orang.

Sehingga, masing-masing mahasiswa-mahasiswi menyelesaikan pendataan satu RT dan berkoordinasi dengan masing-masing ketua RT-nya.

”Data yang kami kumpulkan dari tiap-tiap rumah, meliputi pekerjaan, golongan darah, jumlah KK, akta kelahiran dan data berdasarkan kelompok umur. Selain itu, kami juga mendata mengenai jumlah kendaraan, yang dimiliki setiap warga. Baik kendaraan roda dua, roda tiga, roda empat hingga roda 6,” jelas Rizki.

Dari kegiatan itu, kata Rizki, ia bersama mahasiswa-mahasiswi lainnya mendapatkan pengalaman bagaimana tata kelola dalam administrasi di Kelurahan Letung.

Sekaligus mengetahui, tentang hal bagaimana cara menginput data kependudukan secara manual.

Kegiatan rutin lainnya, mahasiswa kelompok KKN Kelurahan Letung juga membantu dalam membuat denah rumah di setiap RT di Kelurahan Letung.

Sekedar menambahkan, Kelompok KKN Kelurahan Letung juga membantu kegiatan ekstrakulikuer (Ekskul) di SD Negeri 005 Kelurahan Letung.

Adapun ekskulnya yaitu olahraga, agama, kesenian dan pramuka.

Hal ini dilakukan, untuk melatih dan menarik lagi minat bakat para siswa siswi.

Kemudian, juga bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkat bakat mereka.

”Kami berusaha memberikan yang terbaik, demi menumbuhkan bakat minat atlet,” berbakat sejak dini.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang juga membuat pelang nama jalan dan gang di Desa Mampok, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan itu merupakan aktivitas KKN Kampus Stisipol Raja Haji di desa tersebut. Tak hanya nama jalan, namun jarak antar RT 01 hingga RT 08 juga dibuat.

Kerja gotong-royong itu dilakukan, Sabtu (27/7) pekan lalu. Kelompok KKN Desa Mampok berkolaborasi bersama warga setempat dan tim dari Markayam dari Jogjakarta yakni Pono dan Gyaen.

Berbagai warna cat yang telah disediakan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dengan corak warna identik dengan warna pelangi. Sehingga, hasil finishing terlihat indah dan tertata rapi.

Arrahap, salah satu mahasiswa KKN kelompok Desa Mampok menjelaskan, kegiatan tersebut bermula dari pencabutan papan pelang jalan. Setelah itu, tidak lupa memotret terlebih dahulu agar tidak lupa untuk meletakkan posisi yang benar.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here