Bantu NTB, Pemda Minta Kemendagri Buatkan Payung Hukum

0
185
Mendagri Tjahjo Kumolo

SEMARANG- Imbauan Kemendagri agar Pemerintah Daerah (Pemda) di seluruh Indonesia memberikan bantuan untuk korban gempa bumi di Nusa Tengara Barat (NTB) mendapat respon positif. Beberapa daerah menyanggupinya, hanya saja daerah yang ingin membantu meminta agar ada payung hukum yang pasti.

“Beberapa pemda konfirmasi ke Kemendagri untuk menyiapkan payung hukum. Kata mereka walaupun membantu sukarela, tapi jangan sampai dikemudian hari ada masalah hukum, karena akan ada yang menggunakan anggaran Silpa,” kata Mendagri, Tjahjo Kumolo di Semarang usai melantik Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Kamis (23/8).

Kata Mendagri, pihaknya akan membuat surat edaran jenis bantuan yaitu bisa berupa barang maupun bantuan yang bersifat lain. Tapi ada aturan-aturan yang harus dicermati.
Dipastikan oleh Mendagri pemerintah pusat memberikan perhatian serius kepada bencana Lombok. Bahkan anggaran sudah disiapakan oleh Kemenkeu dan swasta. Kementerian lembaga yang ada juga kata Tjahjo sudah turun termasuk TNI Polti membantu penuh.

“Terkait surat dari Gubernur NTB yang ditujukan ke semua Gubernur, menurutnya, itu hal yang wajar, karena memangada asosiasi yang sifatnya gotong royong. Intinya temen-temen gubernur itu solidaritas untuk membantu bencana di NTB. Kalau saya berharap bantuan berwujud uang,” ujarnya.

Tjahjo, bahkan sudah mengirim radiogram kepada semua gubernur yang memiliki stok tenda untuk dipinjamkan dulu ke NTB. Karena jika BNPP membeli baru perlu waktu. “Sebaiknya yang ada dikirim, jika tidak bisa tenaga, tempat air bersih. Apa saja yang bisa, khsususnya daerah yang dekat dengan NTB,” sebut Mendagri. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here