Bantu Proyek TMMD, RT dan RW Kirim Pekerja Tiap Hari

0
94
Aktivitas pembukaan jalan pada kegiatan TMMD ke-103 di Desa Pengudang, Senin (22/10/2018).

BINTAN – Banyak cara yang dilakukan pihak petugas TMMD ke-10 Kodim 0315/Bintan di Desa Pengudang untuk menarik minat warga setempat agar terus semangat gotong royong setiap hari. Selain berusaha melakukan pendekatan dengan berbaur ke masyarakat, juga dengan membawa masyarakat olahraga bersama. Pelaksanaan gotong royong juga suasananya dibikin cair dan penuh canda tawa hingga warga betah bersama di area pembangunan jalan raya yang panjangnya 4.050 meter.

Menurut Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) Satgas TMMD 103 Kodim 0315/Bintan, Lettu Inf M. Yusuf setiap Minggu, mereka menggelar senam aerobik dan jogging bersama masyarakat. Serta di sore harinya, prajurit yang tergabung di TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ikut memperkuat tim sepakbola Desa Pengudang. “Tujuanya, selain itu menjaga kebugaran prajurit, juga untuk mengajak masyarakat menerapkan pola hidup sehat serta sebagai upaya menjaga hubungan komikasi dengan masyarakat,” kata Lettu Yusuf.

Hasilnya, sambung Lettu Inf M. Yusuf, jumlah warga yang ikut gotong royong semakin banyak, terutama di hari libur. Untuk hari-hari biasa, setiap RT selalu mengutus warganya untuk ikt gotong royong secara bergantian.

“Banyak juga warga yang jadwal gotong royongnya sudah ia ikuti, namun tetap bersama prajurit TNI membantu kegiatan TMMD. Artinya, mereka merasa nyaman dengan adanya TMMD serta mereka juga menyadari yang kita bangun ini adalah infrastruktur yang akan sangat menguntungkan warga setempat,” sebutnya, Senin (22/10).

Di pembangunan jalan raya, tim TMMD kini lebih banyak mengerjakan penimbunan rawa serta penyelesaian batu miring.

“Pengerjaan sudah hampir selesai. Jalan yang berupa bukit sudah selesai kita pangkas dan terlalu rendah seperti rawa kita timbun agar kondisi jalannya tidak terlalu menanjak. Hanya saja, untuk pembuatan batu miring memang harus dibuat bertahap menunggu bagian bawah kering,” terangnya.

Menurutnya, selain pembangunan infrastruktur TMMD di Desa Pengudang juga membuat pelatihan-pelatihan ke sekolah-sekolah dan ke masyarakat. “Ada sepuluh agenda lain yang menjadi agenda TMMD selama 30 hari mengabdi di Desa Pengudang. Di antaranya, pelatihan baris berbaris, wawasan kebangsaan, kewirausahaan serta pemahaman masyarakat agar menjauhi narkoba,” terangnya

Setiap harinya, sebut Lettu Inf M. Yusuf, tim TMMD selain dibantu oleh masyarakat setempat juga mendapat bantuan tenaga dari TNI AU, AL serta pihak kepolisian. “Bahkan pihak kecamatan juga mengirimkan utusan untuk membantu kegiatan TMMD,” terangnya. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here