Bantuan Asrama Mahasiswa Bintan Terbentur Aturan

0
72
Mohd Setioso

BINTAN – Pemkab Bintan sebelumnya menjanjikan akan memberikan bantuan dana hibah, untuk pemondokan (asrama) bagi mahasiswa Bintan yang kuliah di luar Kepri. Namun, bantuan asrama mahasiswa Bintan ini bertentangan atau terbentur dengan aturan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bintan MohdSetioso mengatakan, bantuan belanja sewa asrama/pemondokan mahasiswa di luar daerah Kabupaten Bintan, saat ini terbentur dengan aturan Permendagri nomor 32 tahun 2011. Menurutnya, aturan yang mengatur tentang dana bansos dan hibah tersebut, membuat Pemda harus mencari solusi yang lain. Hal tersebut dikatakannya, ketika diinformasikan terkait keluhan pemondokan mahasiswa asal Kabupaten Bintan yang ada di Jogjakarta.

”Kita sudah konsultasi dengan BPK dan Inspektorat Daerah, mengenai dana hibah sewa asrama/pemodokan mahasiswa di luar daerah ini. Pemkab Bintan tidak memiliki kewenangan. Kewenangannya ada di Pemerintahan Provinsi Kepri. Itu aturannya,” jelas Setioso, Kamis (4/10) kemarin.

Namun, lanjutnya, Pemkab Bintan berkomitmen membantu mahasiswa asal Bintan. Saat ini, Pemkab Bintan sedang mencari formulasi yang tepat, agar pengeluaran keuangan daerah tidak melanggar aturan. Pemkab Bintan dengan DPRD sedang mengkaji, agar anggaran daerah yang dikeluarkan tidak menyalahi aturan.

Sementara itu, Bupati Bintan H Apri Sujadi mengeluh dengan keterbatasan kewenangan yang ada pada Pemkab Bintan. Kondisi ini membuat Pemkab Bintan sering menjadi sasaran dari keluhan masyarakat. Namun, bupati sudah menginstruksikan agar OPD terkait di Bintan membuat program inovasi, agar hal ini bisa terselesaikan. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here