Bantuan Dialihkan ke Orang Mampu

0
658
Keramba: Nelayan saat memberikan makan ikan. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Natuna – Bantuan budidaya ikan tidak lagi diberikan kepada warga tidak mampu atau warga miskin. Bantuan akan diberikan juga ke pihak yang dianggap mampu dalam pengelolaan budidaya ikan laut dalam bentuk keramba.

Demikian dikatakan Kabid Pengelolaan dan Pemberdayaan Usaha Perikanan Budidaya, Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Zakimin Yusuf di kantornya, Rabu (22/3).

Pengalihan sasaran pengelolaan bantuan tidak langsung ke nelayan karena, selama ini nelayan tidak mampu mengoperasikan budidaya ikan kerapu, Khususnya Kerambah Jaring Apung (KJA).

Revitalisasi bantuan Kerambah itu telah dilakukan dengan menarik bantuan berupa KJA bantuan tahun 2012 sampai 2013. Sebelumnya telah diberikan bantuan pada nelayan sebanyak 520 lubang kerambah yang tersebar di beberapa kecamatan di Natuna.

”160 lubang keramba telah kita tarik kembali karena programnya tidak jalan. Nelayan tak sanggup menanggung biaya pakan. Kedepan, kita alihkan bantuan ke orang yang mampu namun tetap melalui kelompok,” kata Zakimin.

Ia menilai, Sejak awal memang sasaran bantuan kepada kelompok yang kurang tepat.

”Tahun ini 40.000 ekor bibit akan dibantu oleh KKP, dengan jumlah 4 kelompok dengan 80 lobang keramba pada nelayan kelurahan sedanau,” sambungnya.

Ia juga menjelaskan bantuan akan didampingi oleh pihak ketiga, yang mereka sebut dengan ”Bapak Angkat”. (cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here