Bantuan Korban Banjir Terkendala Cuaca

0
214
Warga Desa Ulu Maras saat melintas di jalan yang digenangi air dari luapan bendungan di Dusun Dapit, kemarin. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – PIHAK Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas telah menyiapkan bantuan bagi warga yang terkena banjir di Desa Ulu Maras, Kecamatan Jemaja Timur.

Namun untuk menyalurkan bantuan tersebut terkendala dengan transportasi. Sebab, transportasi saat ini masih terkendala angin kencang dan gelombang tinggi.

”Kita dari Pemerintah Daerah cukup prihatin dengan kejadian ini. Alhamdulillah, tidak ada korban. Bantuan seperti pakaian, bahan makanan dan perlengkapan tidur telah kami siapkan. Tetapi, saat ini masih terkendala dengan cuara buruk,” terang Satiar SH MH, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Anambas, kemarin.

Ia mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan camat dan aparatur desa segera memberikan bantuan kepada korban bencana agar teratasi dengan cepat.

”Kita akan berupaya semaksimal mungkin, dengan kondisi yang ada bantuan dapat diberikan. Sebab, ini harus cepat dilakukan,” ucapnya.

Ia menambahkan, sesuai laporan banjir akibat hujan lebat selama 5 jam. Sehingga, dalam waktu 5 jam itu bendungan air yang berada di Dusun Dapit meluap dan menggenangi pemukiman warga di Desa Ulu Maras.

Tidak tanggung-tanggung, air yang mengenangi pemukiman warga Desa Ulu Maras setinggi 1,5 meter. Kini, air sudah mulai surut dan pihak kecamatan juga telah menangani dengan mengirim Tim Tagana dan bersama pihak keamanan juga telah turun langsung ke tempat musibah.

”Sekarang sudah tidak banjir lagi, karena hujan lebat, air meluap dari bendungan air dan debit Air Terjun Neraja yang melimpah lalu tumpah ke pemukiman,” jelas Sahtiar.

Selain banjir dipemukiman warga, kejadian tanah longsor yang berada di sekitar area Masjid Desa Bukit Padi dan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ulu Maras. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here