Banyak Aset Masih Milik Bintan

0
604
ASet daerah: Salah satu aset milik pemerintah Bintan di karimun yang belum diserahkan ke Pemkab Karimun. f-alrion/tanjungpinang pos

Dewan Segera Bentuk Pansus

Karimun – DPRD Karimun gerah mengetahui belum semua aset daerah sejak Karimun dimekarkan menjadi Kabupaten diserahkan Kabupaten induk kepada Karimun.

Untuk itu, dipandang perlu membuat pansus mengetahui keberadaan aset aset tersebut yang belum diserahkan oleh kabupaten induk.

Tidak adanya surat serah terima ini, menyulitkan bagi pemerintah Kabupaten Karimun untuk melakukan perbaikan bangunan yang rusak serta untuk dokumen kepengurusan yang lainnya.

”Kami terkejut mengetahui beberapa bangunan gedung milik pemerintah yang selama ini berada di Karimun saat masih Kecamatan dan masih tergabung dengan Kabupaten Kepri yang kini brubah nama menjadi kabupaten Bintan. Belum ada serah terimakan ke Pemerintah Kabupaten Karimun padahal itu suatu keharusan,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Karimun, Ady Hermawan kepada Tanjungpinang Pos, Senin (13/3) di kantornya.

Ia mencontohkan, Hotel Taman Bunga di Jalan Pelabuhan, Hotel Nirwana di Jalan Nusantara, Hotel Mahkota di Pasar Malam, area pertokoan di Jalan Nusantara, bangunan hotel di Tanjung Batu, bangunan pasar di Karimun semua masih atas nama Kabupaten Kepulauan Riau atau kabupaten Bintan. Sampai saat ini belum ada serah terima secara resmi ke Pemkab Karimun.

”Ini yang perlu dipertanyakan,” tambah Ady Hermawan.

Berdasarkan aturan, seharusnya sejak dimekarkan menjadi Kabupaten, secara otomatis seluruh aset milik pemerintah di Kecamatan yang dimekarkan menjadi milik Pemerintah Kabupaten yang baru.

”Namun, sampai hari ini, belum ada penjelasan resmi dari Pemerintah Kabupaten Karimun dan Kabupaten Bintan tentang aset tersebut,” ulang dia.

Sebelum membentuk pansus, akan dilakukan koordinasi dengan Badan Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Karimun. Bersama sama mempertanyakan hal ini ke Pemerintah Kepri yang sekarang menjadi Kabupaten Bintan.

”Lebih cepat diserahkan lebih baik,” sebutnya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here