Banyak Aset Pemprov Tak Jelas Administrasinya

0
183
Rudi Chua bersama BPKAD Pemprov Andri Rizal rapat bersama Sekdaprov Riau dan jajaran terkait aset milik daerah, kemarin di Dompak. f-istimewa/humas dprd kepri

DOMPAK – Tim Panitia khusus (Pansus) pengelolaan barang milik daerah DPRD Provinsi Kepri mendadak menggelar rapat tertutup dengan Pemprov Riau terkait masalah aset daerah yang ada di provinsi ini, Selasa (8/5) kemarin.

Ketua Tim Pansus Pengelolaan Barang Milik Daerah DPRD Provinsi Kepri, Rudi Chua menyampaikan, pertemuan antara Pemerintah Provinsi Kepri dan Provinsi Riau membahas sejumlah persoalan yang sejak dulu sampai hari ini belum dapat diselesaikan.

”Intinya sebenarnya adalah, aset Pemprov Kepri yang berasal dari Riau, walaupun serah terima aset telah dilakukan pada 31 Mei 2006, yang ditandatangani Eddy Wijaya sebagai Sekdaprov Kepri waktu itu, Mambang Mit Sekda Riau, menimbulkan berbagai masalah,” terang Rudi kepada wartawan.

Selasa pagi, dirinya bersama tim Pansus Pengelolaan Barang Milik Daerah DPRD Kepri didampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Pemprov Andri Rizal, serta beberapa staf ahli hukum dan Pemerintahan Pemprov Kepri melakukan pertemuan terkait aset Pemprov Kepri yang berasal dari Pemprov Riau.

Rudi memaparkan, dalam rapat yang dihadiri jajaran Pemerintah Provinsi Riau yang saat itu dipimpin langsung Sekdaprov Riau Ahmad Hijazi, pihaknya menyampaikan berbagai temuan masalah yang menyangkut aset eks Riau.

Sebagaimana diketahui, dari 90 item lahan tanah atau bangunan yang diserahkan pada 31 Mei 2006 ke Pemprov Kepri hanya 8 item yang memiliki administrasi lengkap.

Kemudian, masih ada 23 item lahan yang belum diserahkan Provinsi Riau ke Pemprov Kepri sejak 31 Mei 2006, serta permasalahan saham 12,5 milik Pemprov Riau yang ada di BRC Lagoi.

Sementara AL melalui yayasannya mendapat 7,5% dari total saham. Dalam pelaksanaannya saham tersebut saat ini tidak diketahui nasib atau keberadaannya. ”Tapi dalam rapat dengan Pemprov Riau, kita tanyakan. Tapi teman-teman di Riau juga tidak mengetahui dimana saham tersebut,” katanya.

Persoalan administrasi aset-aset Pemprov tersebut akan dibahas lebih dalam lagi, sehingga bisa dicari solusinya. Karena sejak pemekaran Provinsi Riau, banyak aset Pemprov Riau yang tinggal di Kepri dan diserahkan ke Pemprov Kepri. Salah satunya Gedung Daerah. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here