Banyak Atlet & Warga Manfaatkan Dispora Center

0
72
Kadispora Tanjungpinang, Djasman Sos

TANJUNGPINANG – Dispora Center (DC) milik pemerintah yang dikelola Dispora Tanjungpinang yang terletak di Komplek Pinlang Mas Batu 9, Tanjungpinang menjadi alternatif latihan olahraga gratis bagi masyarakat.

Dua tahun terkahir ini, sudah banyak masyarakat yang latihan di sana, khususnya bagi para atlet.

Kadispora Tanjungpinang, Djasman menuturkan, sejak DC dioperasionalkan sudah banyak masyarakat yang memanfaatkannya untuk berolahraga.

Dilengkapi dengan satu orang instruktur, Dodi Irawan yang melatih menggunakan alat-alat yang ada.

”Biasanya masyarakat banyak yang datang, khususnya sore hari. Berbagai alat fitnes yang tersedia bisa digunakan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (3/12) saat berbincang di DC.

Ia menuturkan, bila ramai yang datang, alat tidak cukup maka biasanya peserta bergantian menggunakan. Selama ini berjalan dengan tertib di bawah perhatian instruktur dan petugas di DC.

Djasman menuturkan, dibukanya DC dalam upaya menyediakan wadah bagi siswa, pemuda dan atlet yang ingin latihan kebugaran tanpa ada biaya.

Di tempat itu tersedia berbagai alat fitnes. Ada alat pembentukan sayap punggung yang biasa digunakan para atlet perenang, sepeda untuk kardio atau pemanasan, meja tenis dan treadmill serta stik bagi atlet angkat beban.

Selain itu, ada dua meja biliar yang khusus digunakan atlet profesional dibidangnya. Penggunaan meja biliar ini dibatasi agar alat tetap terjaga sesuai dengan kebutuhan atlet.

”Kalau alat fitnes terbuka untuk umum. Begitu juga dengan meja tenis, tapi meja biliar harus yang profesional atau atlet agar karpetnya tidak rusak. Saya rasa masyarakat memahami itu,” paparnya.

Djasman menilai tempat yang tersedia saat ini memang belum memadai. Kurang luas dan masih banyak alat yang perlu dilengkapi.

Terkait penyediaan, menurutnya sesuai dengan kemampuan anggaran. Pihaknya, terus mengusulkan dan berupaya mengusulkan terakomodir melalaui APBD Pemko Tanjungpinang.

Ia berharap pemuda di Tanjungpinang kreatif, membuka diri dan terus melakukan aktivitas positif termasuk berolahraga.

Djasmana menilai, melalui DC ini bisa mempersiapkan para atlet untuk rutin berolahraga menjaga kesehatan. Di luar latihan-latihan yang biasa dilakukan bersama pelatih dari berbagai cabor yang ada.

Dituturkannya, Tanjungpinang patut berbangga sukses menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepri, hasilnya cukup memuaskan menjadi juara umum ke dua setelah Batam.

”Mudah-mudahan kegiatan itu menjadi penyemangat para atlet berlatih dan mempersiapkan diri pada event lainnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, tujuan dibukanya DC untuk merangkul seluruh elemen mulai dari pelajar agar terbiasa olahraga. Untuk atlet, tentu dalam upaya memberikan wadah melatih kebugaran tubuh.

Salah satu pengguna fasilitas di DC, Hendra Gurning merasa senang dengan adanya alat-alat fitnes yang disediakan pemerintah melalaui Dispora Tanjungpinang tersebut.

Ia bersama rekan-rekannya bisa olahraga gratis dengan berbagai alat tersedia yang berdampak kepada kesehatan. “Saya cukup sering ke sana, lumayan membantu. Jika tidak ada DC maka minimal sekali sebulan harus mengeluarkan Rp 180 ribu untuk berolahrga di tempat lain,” paparnya.

Ia menilai, masih banyak alat-alat yang perlu disediakan, agar mampu menampung banyak masyarakat yang hadir. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here