Banyak Balita Alami Kasus Gizi Buruk

0
314
ANAK penderita gizi buruk yang dirujuk ke RSUD untuk ditangani bersama orangtuanya. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Karimun merujuk anak penderita kasus gizi buruk, untuk dirawat ke RSUD Muhammad Sani.

KARIMUN – Sebelumnya, penderita gizi buruk telah diberikan makanan dan susu penambah gizi.

”Dua bulan lalu, pihak Puskesmas Karimun dan pihak kecamatan serta kelurahan telah dibawa ke puskesmas untuk ditangani. Pasien gizi buruk didampingi bidan desa, dan tim dokter puskesmas dan langsung ditangani. Makanan tambahan telah diberikan, dan pada 12 Januari lalu, kembali diberikan makanan yang kedua kalinya. Saat diperiksa, orangtua anak telah dianjurkan mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), agar dapat ditangani pihak RSUD M Sani,” kata Rahmadi, Kadinkes Karimun, kemarin.

Rahmadi menjelaskan, Dinkes Karimun menemukan kasus balita sangat kurus ada 31 orang. Hasil penimbangan pada Posyandu, dan gizi buruk harus dirawat ada 2 kasus.

Telah dirawat dan sudah mulai membaik, kasus gizi buruk di Karimun masih jauh lebih rendah dibanding Nasional. Meskipun demikian, temuan ini akan menjadi perhatian Dinkes ke depannya. Kasus gizi buruk ditemukan di pemukiman tidak tetap di komplek Pasar Telaga Mas, Sungai Lakam Barat.

”Orangtua beserta anak tinggal di kios pasar dengan seadanya. Ia berharap, orangtua anak mematuhi imbauan mengurus keperluan administrasi untuk mempermudah proses perawatan anak,” jelasnya.

Ia juga mengimbau, orangtua yang memiliki anak balita rutin melakukan penimbangan badan anak ke posyandu. Sehingga, pihaknya dan orangtua mengetahui perkembangan anak jika tidak sesuai dengan pertumbuhan seperti anak normal lainnya.

Ia menyarankan, sebaiknya cepat berkoordinasi dengan puskesmas. Sehingga dapat dilakukan pengobatan dan penambahan makanan. ”Kader posyandu harus mensosialisasikan pentingnya membawa anak ke posyandu. Untuk mengikuti tahapan imunisasi, dan pengontrolan gizi,” katanya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here