Banyak Berorganisasi, Lihai Berinteraksi

0
200
Milawati

Oleh: Milawati
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, UMRAH

Organisasi adalah sekelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam kehidupan sehari-hari pasti kita sering kali mendengar kata organisasi. Dalam kehidupan bermasyarakat, organisasi mutlak diperlukan karena manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial yang berbaur dengan sesama. Maka dari itu berorganisasi itu penting karena berorganisasi bukan nilai semata namun dibalik itu organisasi melatih kita untuk bersikap kreatif dan kritis.

Suatu organisasi tidak akan berjalan dengan maksimal jika antar anggota tidak bisa saling bekerja sama. Tentunya, kerjasama antar anggota tidak akan terjalin jika sesama anggota tidak mengenal satu sama lain. Malah akan mengakibatkan terpecahnya suatu organisasi. Padahal organisasi dapat menjadi tempat untuk mengembangkan kreativitas manusia yang tidak bisa disalurkan di tempat lain, tempat melatih sifat kepemimpinan dan ketahanan mental.

Di dunia perkuliahan, dikatakan bahwa tujuan utama dari kuliah adalah belajar. Namun realitanya hanya sekitar 30 persen ilmu diperoleh di bangku perkuliahan. Karenanya, penting mengikuti kegiatan diluar perkuliahan agar dapat menambah ilmu serta wawasan. Kebanyakan mahasiswa tidak menyadari ada hal lain yang sangat penting dengan kemampuan akademik, yaitu bagaimana cara berhubungan dengan orang lain dalam lingkungan masayarakat.

Sering sekali ditemukan mahasiswa yang cerdas tetapi susah mendapat pekerjaan karena sulit berhubungan dengan orang lain. Itu mengapa organisasi merupakan alat bagi mahasiswa untuk melatih diri dan lihai dalam berinteraksi. Dimulai dari berlatih mengeluarkan pendapat dikelompok kecil, yaitu dalam organisasi itu sendiri, sehingga berlanjut ke kelompok yang lebih besar, antar organisasi, hingga akhirnya masyarakat.

Semakin banyak kita berorganisasi, semakin banyak pula manfaat yang kita dapat seperti bertambahnya ilmu dan wawasan dari berbagai aspek kehidupan. Semakin sering dan lihai dalam berinteraksi, maka akan terbiasa dengan interaksi-interaksi yang sering ditemukan atau dihadapi dan akan banyak teman yang bisa bertukar pikiran dalam setiap interaksi tersebut.

Manfaat lain dari berorganisasi adalah mengembangkan sifat kepemimpinan. Ketika ada kegiatan atau acara yang diselenggarakan oleh suatu organisasi, diperlukan sifat kepemimpinan untuk mengatur jalannya kegiatan agar berlangsung dengan baik. Tentunya kemampuan itu sangat berguna dalam dunia kerja yang profesioanal. Organisasi juga mengajarkan cara mengatur waktu, mahasiswa yang mengikuti kegiatan organisasi akan kehilangan sedikit waktunya untuk belajar atau mengerjakan tugas kuliah, sementara tugas yang diberiakan tetap sama banyak dengan mahasiswa yang tidak berorganisasi.

Disinilah dilatih kemampuan mahasiswa mengatur waktu, mana yang harus di dahulukan dan lebih penting. Suatu saat jika dihadapkan tugas pekerjaan yang banyak, mahasiswa yang dulu berorganisasi sedikit lebih terlatih menetapkan prioritas kerja dan lebih terbiasa melakukan pekerjaan yang banyak sekaligus.

Hal lain yang diperoleh dari berorganisasi dan sangat bermanfaat yaitu memperluas jaringan atau menambah koneksi. Jika berorganisasi pasti sering berhubungan dengan dunia luar. Sehingga akan menambah kenalan dari berbagai tempat. Hal tersebut sangat berguna dalam mencari pekerjaan kelak. Berorganisasi juga melatih mental menghadapi permasalahan atau konflik. Hal tersebut justru membawa manfaat saat menghadapi masalah dalam dunia kerja. Sebab sudah terbiasa menghadapi konflik dan memiliki mental yang kuat menghadapi permasalahan yang datang sehingga dapat terselesaikan.

Mahasiwa memang semestinya tetap memprioritaskan kuliah. Karena dengan kuliah, gelar sarjana diproleh, dan jika sarjana, maka pengakuan dari masayarakat juga di proleh. Tetapi bukan berarti dengan cara mengurung diri belajar di kamar dan mengisolasi diri dari dunia luar. Bukan yang utama bukan bearti tidak penting.

Organisasi memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kecerdasan. Seperti yang diterangkan sebelumya, dalam organisasi diajarkan dan dilatih cara bertahan dalam dunia masyarakat yang penuh masalah dan konflik.

Serta dunia yang tidak hanya memerlukan kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan dalam berinteraksi dan berperilaku dalam masyarakat. Utamakan yang penting, dahulukan yang urgent. Dengan begitu akademik dan organisasi pasti bisa diselaraskan. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here