Banyak Iuran karena Guru Tak Sejahtera

0
790
Pelantikan: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat menyampaikan sambutan usai melantik Kepsek dan pengawas sekolah SMA sederajat di aula SMKN 1 Tanjungpinang beberapa waktu lalu. f-suhardi/tanjungpinang pos

Ass… yth bapak gubernur dan WAKO-WAWAKO, DPRD-DISDIK, apa memang sekolah negeri itu tak bisa gratis?. Anak2 ditanggung SPP 100 ribu per bulan. Satu tahun 1,2 juta bantuan untuk siswa. untuk beli baju itu 4 thn se kali gantinya. Sejahterakan guru supaya mereka konsentrasi mengajar dan tiak membebani pelajar dengan berbagai iuran. Kalau murid 3OO org jumlah uangnya setahun 36O juta. Apa mungkin dalam 1 thn habis sebanyak itu. sibuk guru hanya semester 2 x dlm setahun. Gru mestinya sejahtera agar tak kepikiran narik iuran. Pengawas datang diberi jatah. Tapi tak ada petunjuk yang 13 elemen tsb. Sedang anak buah tidak sejahtera di sebagian sekolah. Mestinya sekolah yang disediakan pemerintah itu gratis biaya sekolahnya.
+6285709965351

TANGGAPAN:
Tahun 2018, Pemprov Kepri berencana menaikkan gaji dan tunjangan guru sesuai jenjang. Pemprov sudah mengalokasikan anggarannya dalam rancangan Perda APBD Perubahan 2017 ini. Ada sedikit kenaikan gaji guru honor tahun depan. Jika tahun 2017 anggaran gaji guru honor Rp 60 miliar, untuk tahun 2018 ada kenaikan Rp 20 miliar menjadi Rp 80 miliar lebih.

Baca Juga :  Perbaiki dan Perbanyak Pasar

Awalnya hal ini sempat ditanya Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. Namun setelah dijelaskan, gubernur pun memahaminya. Pak gubernur juga mempertanyakan, masalah ada kenaikan ini yang besar. Namun setelah saya sampaikan alasannya, baru pak gubernur memahami. Sekarang sudah tidak ada masalah lagi.

Pascaperalihan hasil seleksi tim Disdik terdapat 1.800 guru honor yang lulus. Sekitar 90 persen diakomodir terdiri dari 700 Guru Tidak Tetap (GTT) provinsi serta ada 101 guru yang berasal dari Madrasah Aliyah (MA) yang mau disamaratakan gajinya.

Baca Juga :  Persiapkan Armada Mudik

Desember mau kita tarik semua. Supaya tidak lagi variasi baik itu soal penamaan, maupun masalah pembayaran gaji. Karena masih ada mereka yang ngajar di SMA gajinya di bawah Rp 1 juta sebulan. Sejak UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah diterapkan per 1 Januari 2017, kewenangan SMA sederajat diambil alih provinsi dari kabupaten/kota di Kepri. Guru honor yang sebelumnya dibiayai APBD kabupaten/kota ditarik Pemprov Kepri menjadi guru honor setelah melalui seleksi. Beban APBD Pemprov Kepri pun bertambah untuk membayar gaji guru honor serta tunjangan guru Aparatur Sipil Negara (ASN). (ais)

Baca Juga :  Pelni Rute Dumai

Arifin Nasir
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here