Banyak Negara Ikuti Nongsa Regatta

0
534
PARA peserta saat mengikuti even layar yachts bertajuk Nongsa Regatta 2019 di Batam, kemarin.f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Peserta dari berbagai negara dan beberapa provinsi di Indonesia mengikuti even layar yachts bertajuk Nongsa Regatta 2019 yang digelar di perairan Batam selama tiga hari.

Kegiatan ini turut mendongkrak kedatangan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Kepri baik yang menjadi peserta, hingga yang menjadi penonton.

Kepala Dinas Pariwisata Batam, Ardiwinata mengatakan, kegiatan Nongsa Regatta sudah rutin digelar. Sehingga agenda pariwisata ini sudah diketahui banyak wisman.

”Ini salah satu even yang mendatangkan wisman. Soal berapa besar kunjungan wisman saat even ini, kita belum hitung,” ungkap Ardi di Batam, Mingu (27/1).

Ketua Panitai, Prakash menyebutkan, kegiatan tahunan ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelum-sebelumnya Nongsa Regatta hanya diikuti peserta mancanegara, tahun ini dari lokal juga diikutkan.

Baca Juga :  Kepri Terbaik 1 Penanganan Gizi Buruk

”Tahun ini ada yang lokal dan ada dari mancanegara. Peserta baru diantaranya dari Italia,” katanya.

Selain itu, peserta kategori anak-anak juga meningkat. Termasuk ada peserta dari Papua. Peserta ada 59 pax. Paspor Singapura dengan 6 boat, kapal Rainbow Dream, Inggris Raya diperkuat peserta 8 pax, 8 pax kapal Waka Tere yang berbendera Amerika Serikat. Slot lain diisi New Zealand dengan 6 pax.

”Dikategori anak-anak meningkat 50 persen. Ini karena kita promosi dalam negeri, sejak enam bulan lalu,” imbuhnya.

Sementara Ketua Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari, Kementerian Pariwisata, Indroyono Soesilo mengatakan, potensi Nongsa Regatta harus dioptimalkan dari tahun ke tahun.

Baca Juga :  Hari Ini, Operasi Patuh Seligi Dimulai

Terkait peserta lokal, walau baru dua orang, dinilai sudah lebih baik dan akan ditingkatkan tahun depan. ”Ini baik untuk atlet-atlet juga bisa ikut ke depan. Seperti atlet PON dan Asean Games,” bebernya.

Dalam pengembangan pariwisata, Dinas Pariwisata Batam tidak hanya meningkatkan kegiatan. Namun fasilitas pendukung juga ditingkatkan.

Demikian untuk pelaku UMKM di Batam. Salah satunya, Dinas Pariwisata Batam, menyiapkan 11 kios untuk pelaku usaha mikro di kawasan wisata Dendang Melayu Jembatan I Barelang.

”Nanti diisi pedagang yang sudah lama berjualan di sekitar Jembatan I. Sebelumnya sudah didata dan sudah disepakati bersama,” kata Kepala Disbudpar Batam, Ardiwinata.

Sarana prasarana pendukung telah tersedia. Seperti jaringan listrik dan air yang sudah masuk. Lokasinya, tepatnya di dekat lokasi parkir kendaraan.

Baca Juga :  Bakar Sampah, Merambat, Lahan Sehektare Hangus

Selain kios untuk pedagang kuliner, Disbudpar juga akan menyiapkan lokasi penjual suvenir. Bangunan lama yang sudah ada di bagian bawah Dendang Melayu menuju pantai Tanjung Pengumpul akan dimanfaatkan untuk pedagang buah tangan.

Sebanyak 11 pedagang berada di Dendang Melayu. Kemudian tujuh pedagang di bawah jembatan. Dan 24 pedagang yang berjualan di atas jembatan juga akan ditata. Penataan pedagang juga berlanjut sampai sampai ke Jembatan 2 Barelang. Totalnya ada 43 pedagang yang juga akan ditata dinas terkait. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here