Banyak Pasien Dirujuk ke Tanjungpinang

0
325
TINJAU: Bupati Anambas Abdul Haris saat meninjau langsung Rumah Sakit Lapangan di Palmatak, Selasa (17/10). F-ISTIMEWA

ANAMBAS – MASYARAKAT di Kecamatan Palmatak merasakan dan mengeluhkan masih kurangnya pelayanan kesehatan di puskesmas dan RSUD.

Bupati Kabupaten Anambas Abdul Haris menanggapi dengan serius, bahwa tahun depan akan dilakukan evaluasi terkait ketersedian obat dan perbaikan peralatan kesehatan, semua pihak harus bekerja secara maksimal

Ia mengatakan, ketersediaan obat terbatas akan dilakukan evaluasi pada saat penganggaran dan ia akan mengoptimalkan hal itu. Menurutnya, ketersedian obat harus menjadi hal yang utama.

Tidak dipungkiri, masa berlaku obat juga menjadi suatu kendala serius. Terkadang obat sudah diadakan, namun ketika hendak digunakan untuk kebutuhan perobatan obat yang ada masa pemakaiannya habis. Artinya, obat tersebut tidak bisa digunakan lagi.

”Pemda sudah menyediakan obat yang dibutuhkan masyarakat. Tahun depan akan kita ubah polanya. Saya tetap prioritas pelayanan kesehatan, yang diutamakan tenaga medis yang harus bekerja secara maksimal,” kata Abdul Haris, Selasa (17/10).

Ia menambahkan, bahwa setiap masyarakat butuh pelayanan kesehatan yang baik dan tidak serta merta para tenaga medis langsung melakukan rujukan ke luar daerah jika bisa ditangani di Anambas.

Hal itu diketahui, ketika ada laporan dari pihak tenaga medis di luar daerah seperti Kota Tanjungpinang. Menurutnya, pasien yang dirujuk masih bisa ditangani di Anambas.

Semua pihak harus bisa bekejasama yang baik, dalam mencapai target pelayanan yang optimal. ”Saya sudah mendapat laporan, bahwa sejumlah pasien yang dirujuk ke luar kota mestinya bisa ditangani di Anambas. Hal ini yang harus bisa diubah pola kerjanya,” ucapnya.

Haris juga menguraikan, Anambas sangat membutuhkan banyak dokter umum maupun dokter spesialis yang profesional.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here