Banyak Tak Lolos Administrasi CPNS

0
215

Akreditasi Kampus Hambat Alumni

Akreditasi kampus salah satu syarat mendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ternyata, masih banyak kampus yang akreditasi rendah sehingga menghambat alumninya mendaftar CPNS.

TANJUNGPINANG – MESKI tidak disebutkan nama kampus dan level akreditasinya, namun pelamar CPNS di Kantor Kanwil Kemenag Provinsi Kepri banyak yang tidak lolos administrasi hanya gara-gara akreditasi kampusnya yang rendah.

Kepala Kemenag Kepri Mukhlisudin melalui Kasubbag Ortal dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Kepri H. Muhammad Widarto mengatakan, dari 1.135 orang pelamar CPNS di kantor itu, hanya 695 orang yang dinyatakan lolos seleksi berdasarkan verifikasi tim teknis di Badan Kepegawaian.

”1.135 yang mendaftar dan mengirim berkas. Sementara yang mengirim berkas fisik 980 orang yang tidak mengirim dokumen dan ada juga yang tidak lengkap ada 155 orang. Setelah diverifikasi kembali, yang dinyatakan lolos ada sekitar 695 orang,” ujarnya, kemarin.

Rata-rata peserta yang tidak lolos karena tersandung ijazah dan akreditasi kampus tidak sesuai ketentuan. Kemudian, kata dia, masalah teknis seperti legisir ijazah, ada juga yang mengirim berkas yang hanya fotokopi, ada juga yang mendaftar tidak sesuai kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan formasi yang dibutuhkan.

”Paling dominan, dokumen bukti akreditasi kampus yang masih berlaku dari kampusnya. Karena pendaftaran ini akreditasi BAN-PT menjadi persyaratan mutlak,” ucapnya.

Bahkan ada juga yang surat lamarannya tidak bermaterai dan tidak ditandatangani. Ini juga dinyatakan gugur. Sementara saat ini di Lingkungan Kemenag akan diumumkan secara nasional oleh tim pansel pusat.

Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemprov Kepri merilis, sedikitnya 648 orang pendaftar CPNS di Lingkungan Pemprov Kepri kandas menuju tahapan selanjutnya.

Sebelumnya, jumlah pendaftar di Pemprov Kepri 4.289 orang. Setelah dilakukan verifikasi data administrasi yang lolos hanya 3.641 orang.

Kepada wartawan Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemprov Kepri Firdaus menuturkan, rata-rata peserta yang gagal di tahap administrasi akibat akreditasi kampus, IPK di bawah standar, di atas 2,75 bahkan sebagian besar tidak melampirkan surat keterangan kesehatan.

”Yang tidak lulus ini, kualifikasi tidak ketentuan. IPK tidak mencukupi, serta akreditasi kampus,” ujarnya.

Data itu diperoleh dari web situs Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemko Batam, nomor yang lulus seleksi administrasi, hingga peserta 5.399. Dengan demikian jumlah itu menunjukkan jumlah yang lulus untuk ikut CAT sangat banyak.

Pengumuman daftar CPNS Batam yang lulus seleksi administrasi sebanyak 5.399 orang. Dengan demikian, sekitar 1.342 orang gagal dari data terakhir pelamar, sekitar 6.741 orang.

Sekretaris BKPSDM Batam, Ratna yang dikonfirmasi, meminta wartawan mengecek ke Humas Pemko Batam, Yudi atau di media BKPSDM. Sementara Yudi sendiri meminta mengkonfirmasi Ratna.(SUHARDI-MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here