Banyak Warga Urus Pindah Alamat

0
82
Suasana pelayanan di Kantor Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur. Salah satu warga sedang mengurus surat pindah alamat di kelurahan. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sebagian besar masyarakat yang tinggal di wilayah Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur ada masyarakat pendatang berasal dari daerah Bintan dan Jawa.

Hal itu terlihat dari rekapitulasi data kependudukan dimiliki Kelurahan Air Raja sepanjang 2018 lalu. Masyarakat yang pindah atau datang antar kabupaten/kota provinsi ada sebanyak 209 surat.

”Ada juga yang minta surat pindah keluar antar kabupaten/kota provinsi ke kita sebanyak 145 surat,” kata Lurah Air Raja, Husain Alhamid kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (3/1).

Menurutnya, kalau masyarakat yang mengajukan hingga mendapatkan surat pindah keluar antar kecamatan dalam satu kota hanya 28 surat. Semua itu, adalah masyarakat yang tinggal di wilayah Kelurahan Air Raja.

Kondisi ini berbeda dengan masyarakat pendatang, yang pindah datang antar kecamatan dalam satu kota hanya sebanyak 69 surat. Bisa jadi, awalnya masyarakat tersebut tinggal di Kecamatan Tanjungpinang Kota.

Lalu, masyarakat tersebut dapat hingga beli rumah di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur tepatnya di Kelurahan Air Raja. Jadi, rumah yang sudah dibeli langsung ditempati. Otomatis, sambung dia masyarakat tersebut melakukan perubahan data kependudukan yang dimiliki. Salah satu data kependudukan yang diubah, adalah alamat tempat tinggal.

”Ini yang harus dilakukan masyarakat tersebut. Di mana tinggal, langsung urus data kependudukan. Agar mudah untuk mengurus yang lainnya,” terang dia.

Kemudian, ada juga masyarakat yang sudah tinggal di Kelurahan Air Raja, tapi pindah ke kelurahan lainnya. Misalnya, masyarakat tersebut pindah dari Kelurahan Air Raja ke Kelurahan Batu IX.

”Kita sebut pindah keluar antar kelurahan dalam satu kecamatan sebanyak 74 surat,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here