Bapemperda melakukan Kajian Peraturan Sampah

0
631
SOSIALISASI: Masyarakat saat mengikuti sosialisasi peraturan sampah oleh pihak Bapemperda, kemarin. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Badan Pembentukan Peraturan Daerah akan menerapkan sanksi bagi warga yang membuang sampah sembarangan terlebih membuang sampah di laut. Selain sanksi nantinya juga akan ada reward yang kepada masyarakat yang taat dan patuh dalam membuang sampah.

Hal itu terungkap saat digelarnya Focus Group Discussion (FGD), dalam rangka Penyusunan Naskah Akademis Ranperda Inisiatif Tentang Persampahan di tujuh Kecamatan yang ada di Kabupaten Anambas (KKA) di Balai Pertemuan Masyarakat Jemaja, Sabtu (4/11). Menariknya lagi, respon masyarakat sangat luar biasa terhadap niatan Bapemperda tersebut.

Baca Juga :  Inspektorat Target APIP ke Level III

Bahkan, saat FGD berlangsung terjadi dialog yang reaktif antara narasumber dengan masyarakat dan sejumlah anggota DPRD. Yulius SH Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Anambas mengatakan, Peraturan Daerah (Perda) tentang persampahan ini sangat penting mengingat Anambas saat ini sedang menuju menjadi daerah pariwisata.

”FGD ini merupakan mekanisme dan langkah, dalam penyusunan naskah Akademis membuat Ranperda tentang Persampahan,” ungkap Yulius.

Politisi Partai Gerindra itu menegaskan, sebagai daerah yang sedang menuju sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata. Apabila sampah dibiarkan, tentunya akan menimbulkan problem untuk ke depannya.

Baca Juga :  Pengelolaan Sampah Diatur Perda

Apalagi tak dapat dipungkiri, saat ini masih ada stigma di masyarakat membuang sampah sembarangan tersebut. ”Kita akan mengatur permasalahan persampahan. FGD ini untuk mendengarkan masukan-masukan dari masyarakat, yang akan dituangkan dalam peraturan daerah nantinya,” jelasnya.

Terpisah Rocky H Sinaga anggota Bapemperda mengakui, jika DPRD sudah sejak jauh hari memikirkan bagaimana sampah tidak menjadi momok pembagunan sektor pariwisata Kabupaten Anambas. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here