Bapenda Siapkan Empat Tempat Pembayaran PBB

0
460
Kepala Bapenda Bintan Yuzet memberikan keterangan soal pajak.

KIJANG – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bintan, telah menyediakan empat tempat untuk pembayaran PBB, yang dibebaskan dari denda administrasi pada tahun 2019 ini.

Sebelumnya, Bupati Bintan H Apri Sujadi telah mengeluarkan kebijakan pembebasan sanksi administratif, terhadap denda Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB-P2), periode tahun 1995 sampai dengan 2016.

Pembebasan sanksi yang diberikan kepada masyarakat, dari tahun 1995 sampai dengan 2016 ini sebesar 100 persen. Berlaku mulai tanggal 1 April sampai dengan 30 November 2019 mendatang. Masyarakat selaku wajib pajak yang membayar pajak PBB-P2 terutang untuk periode tersebut, sampai tanggal 30 November 2019 nanti, hanya perlu membayar pokok pajaknya saja. Dan langsung diberikan pembebasan denda sebesar 100 persen.

”Ada empat tempat untuk pembayaran PBB ini,” kata Yuzet, Kepala Bapenda Bintan, Minggu (7/4) kemarin.

Kabid Pengolah Pendapatan Daerah Bapenda Bintan Rino Afriyanto menyampaikan, kebijakan Bupati Bintan dalam membebaskan sanksi administrasi tunggakan pajak ini, harus didukung bersama. Selain meringankan wajib pajak, juga mengoptimalkan penerimaan pendapatan daerah, khususnya di sektor PBB-P2.

Menurutnya, sistem pembayaran pada program ini sangat mudah. Warga langsung datang ke Bank Riau Kepri, Kantor Pos, Kantor Bapenda Bintan, atau melalui fasilitas mobil pelayanan Bapenda Bintan dan Bank Riau. Dalam pembayaran ini, tanpa mengajukan persyaratan terlebih dahulu ke Bapenda Bintan.

Namun, Rino menegaskan, terhadap wajib pajak yang telah malakukan pembayaran pokok terutang beserta sanksi denda dalam periode tersebut, sebelum ditetapkannya keputusan Bupati Bintan ini, tidak dapak diajukan pemindah bukuan (restitusi atau kompensasi).

Rino yakin, melalui program ini penggalian potensi terhadap pokok piutang PBB-P2 dapat terealisasi. Karena pada tahun sebelumnya, cukup banyak respon dan realisasi dari dari masyarakat, dalam memanfaatkan program tersebut.

”Kita mengajak masyarakat agar taat pajak. Ayo bayar pajak untuk membangun Kabupaten Bintan menuju Bintan Gemilang,” imbau Rino. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here