Baru 53 Persen Peserta BPJS Bayar Iuran

0
397

BATAM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Batam baru menerima Rp 58.097.046.355 dari total iuran yang seharusnya diterima sebesar Rp 109.703.559.704. Penerimaan yang baru berada di angka 52,96 persen hingga Novrmber 2018 ini diakui menjadi angka yang cukup rendah, padahal tahun 2018 tinggal menyisakan hitungan hari lagi.

Dari beberapa kategori pembayaran yang ada, kategori pembayaran secara mandiri cukup mendominasi. Mereka yang telah membayar dari kategori mandiri hanya 40 persen dari keseluruhan peserta mandiri di Batam, sementara 60 persen sisanya belum melakukan pembayaran.

Baca Juga :  Wapres Lepas Ekspor Perdana ke AS‎

Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Batam, Irfan Rachmadi mengatakan, kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah peralihan dari pesrta penerima upah yang dibayarkan melalui perusahaan, pindah ke mode pembayaran mandiri karena pemutusan hubungan kerja.

Mereka yang sebelumnya bisa membayar iuran melalui gaji dari tempat mereka bekerja, tidak lagi bisa membayar karena sudah tidak lagi bekerja. ”Kalau dulu dibayar perusahaan, karena tidak lagi mendapat pekerjaan, mereka tidak bisa membayar secara mandiri,” kata Irfan ketika ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Kota Batam, Batam Center, Batam pada Rabu (19/12).

Baca Juga :  Mendagri: Korupsi di Indonesia Sudah Akut

Baru berada di angka 53 persen ini, lanjut Irfan, menjadi catatan tersendiri bagi BPJS Kesehatan Batam. Dimana angka ini berada jauh di banding daerah lainnya, termasuk pada rata-rata penerimaan secara nasional di angka 60 persen.

Terkait dengan persoalan ini, Irfan melanjutkan, solusi yang diwacanakan pemerintah untuk memberikan support melalui dana hasil cukai rokok, belum ada kejelasan, sehingga kondisi ini perlu dicari solusi yang lebih menggembirakan.

Saat ini, jumlah peserta BPJS Kesehatan Kota Batam berada di angka 1.016.334 dari sekitar 1,7 juta penduduk Batam. Jumlah kepesertaan ini dinilai sudah cukup banyak dan diharapkan akan terus bertambah di masa mendatang. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here