Baru Satu Berkas Pungli KSOP yang P21

0
683

TANJUNGPINANG – Berkas salah satu tersangka pungli di Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) sudah dinyatakan lengkap atau P21. Berkas perkara atas nama tersangka Herbert P Simamora ini tak lama lagi akan amsuk ke persidangan. Sementara berkas tersangka lainnya masih dalam proses.

Herbert P Simamora merupakan tersangka yang menerima langsung dana pelicin terhadap pengeluaran Surat Izin Berlayar (SIB) di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Menurut Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Dwihatmoko Wiraseno, yang menyatakan berkas perkara tersangka Herbert P Simamora lengkap adalah jaksa hingga pihaknya akan segera melimpahkan berkasnya ke jaksa. ”Tersangka saat ini tdiak ditahan sejak penahanannya ditangguhkan beberapa bulan lalu,” kata Dwihatmoko Wiraseno, Senin (9/10).

Baca Juga :  M Afriandy Divonis Hakim 10 Bulan Percobaan

Untuk dua tersangka lainnya, Sutoyo Kepala Pos Domestik KSOP Tanjungpinang Pelabuhan SBP dan Eri Priawan anggota Pos Domestik KSOP Tanjungpinang, berkas perkaranya masih dilengkapi karena masih mengikuti petunjuk-petujuk Jaksa.

Sebelumnya Polres Tanjungpinang menetapkan tiga tersangka Oknum pegawai Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang setelah satu di antaranya tertangkap melakukan pemungutan liar (Pungli) kepada sejumlah kapal dan Feri di Pelabuhan.

Pungli itu untuk memuluskan pengeluaran Surat izin Berlayar (SIB) yang mesti dimiliki setiap kapal saat akan berlayar. Saat itu, terdakwanya Kepala Pos Domestik KSOP Tanjungpinang Pelabuhan SBP, Sutoyo (47) dan dua anggotanya Herbert P Simamora (30) dan Eri Priawan (27).

Baca Juga :  34 Calon Siswa Bintara Ikut Binlat

Ketika tersangka dijerat dengan Pasal 2 huruf a atau pasal 12A UU nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU no. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dan atau pasal 368 KUHP. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here