Baru Tiga Calon DPD RI Mendaftar

0
383
Bakal calon anggota DPD RI Alfin didampingi Iskandarsyah mendaftar di KPU Kepri, Minggu (22/4). f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sejumlah tokoh masyarakat Kepri diprediksi bakal bersaing untuk merebut kursi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Pemilu 2019. Minggu (22/4), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri telah menerima pendaftaran dan berkas dokumen dukungan bakal calon Anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI perwakilan Provinsi Kepri di kantor sekretariatnya berada di Jalan Basuki Rahmat, Minggu (22/4). Penyerahan berkas dokumen dukungan akan berlangsung selama lima hari, terhitung sejak Minggu (22/4) sampai Kamis (26/4) nanti.

Mantan calon Wali Kota Batam, Ria Saptarika adalah calon pertama menyerahkan berkas dokumen dukungannya. Jumlah dukungan yang diserahkan mencapai 2.743 dukungan. Berkas dokumen dukungan untuk diterima oleh Ketua KPU Provinsi Kepri, Said Sirajuddin. Disaksikan pendukungannya serta Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepri, Muhammad Sjahri Papene. Kemudian, calon ketiga yang menyerahkan dukungan yakni Ketua DPD PKS Kota Tanjungpinang, Alfin M Nur yang didampingi Anggota DPRD Provinsi Kepri, Ing Iskandarsyah serta pendukungnya, juga menyerahkan berkas dokumen dukungan. Alfin menyerahkan dukungan sebanyak 2.466 orang.

”Hari Minggu ini, ada tiga orang yang menyerahkan berkas dokumen dukungan untuk menjadi bakal calon Anggota DPD RI perwakilan Provinsi Kepri. Ada Pak Ria Saptarika, Alfin M Nur dan Dharma Setiawan,” kata Ketua KPU Provinsi Kepri, Said Sirajuddin kepada Tanjungpinang Pos di Kantor Sekretariat KPU Provinsi Kepri, Minggu (22/4).

Said Sirajuddin mengatakan, bagi masyarakat Provinsi Kepri yang berkeinginan serta berminat menjadi calon anggota DPD RI, silahkan mendaftar ke Kantor KPU Provinsi Kepri berada di Jalan Basuki Rahmat, untuk menyerahkan syarat dukungan. Syarat dukungan menjadi calon Anggota DPD RI, mulai dari surat pernyataan dukungan dan fotocopy KTP Elektronik.

Berkas dukungan yang akan diserahkan bakal calon, minimal 2.000 dukungan tersebar di kabupaten/kota se-Provinsi Kepri. ”Minimal 50 persen mendapat dukungan yang menyebar di kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri, atau di empat kabupaten/ kota,” ucap Said.

Sebelum menyerahkan ke KPU, kata dia, dukungan yang didapat oleh bakal calon DPD RI terlebih dahulu di-upload ke Sistem Informasi Pencalonan Peserta Pemilu Perseorangan (SIP3). ”Kita buka penyerahan berkas dukungan ini dari jam 08.00 sampai jam 16.00, terkecuali tanggal 26 April nanti sampai jam 24.00 WIB,” terang dia.

Sambung dia, setelah penyerahan, pihaknya akan melakukan verifikasi dukungan milik masing-masing bakal calon DPD RI yang telah menyerahkan berkas dokumen tersebut. Kemudian, nanti akan masuk ke dalam verifikasi faktual.

Saat verifikasi faktual, apabila ditemukan dukungan ganda bakal calon DPD RI harus menggantikan yang baru. Perlu diingat lagi, jangan sampai ada pihaknya menemukan dukungan fiktif berupa dukungan KTP palsu. Kalau ini ditemukan, maka bakal calon tersebut akan dikenakan denda. Denda yang diberlakukan, adalah pengurangan dukungan. ”Kita kurangi 50 dukungan per KTP palsu yang dilampirkan oleh bakal calon tersebut,” sebut dia.

Kesempatan ini, Alfin M Nur mengatakan, ia menyerahkan dukungan sebanyak 2.466 orang. Dukungan yang diserahkan berasal dari dua kota dan tiga kabupaten di Provinsi Kepri, yakni Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, Kota Batam, Kabupaten Lingga dan Kabupaten Karimun. ”Alhamdulillah, dukungan yang kita dapat melebihi dari syarat dukungan yang diminta,” ucap Alfin di sela menyerahkan berkas dokumen dukungan miliknya.

Sedangkan, Ria Saptarika menyerahkan sebanyak 2.743 dukungan. ”Saya orang yang pertama menyerahkan dokumen dukungan ini. Mudah-mudahan seperti di lima tahun lalu.
Saya juga orang yang pertama. Semoga Allah memudahkan dan mengulangi peristiwa lima tahun yang lalu bisa meraih peringkat pertama, amin,” sebut Ria. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here