Baruna Tambah Dua Kapal

0
816
Jamhur Ismail

UNTUK melayani arus mudik dari Pelabuhan Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang tujuan Batam, operator kapal Baruna-Oceannya menambah dua unit kapalnya.

Efendi alias Asai, Manager Operasional Baruna-Oceanna mengatakan, selama ini ada 10 kapal yang mereka operasikan untuk melayani penumpang. ”Karena menjelang Idul Fitri, kita tambah dua unit. Saat ini baru 11 unit yang beroperasi. Sedangkan satu unit lagi stand by. Kalau penumpang penuh, semua kita operasikan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, Senin (11/6).

Asai menambahkan, saat ini belum ada penumpukan penumpang di Pelabuhan SBP. Semua masih terlayani dengan baik. ”Penumpang jangan khawatir, semua kita bawa,” pesannya.

Biasanya, kata dia, penumpang mulai membeludak justru saat hari H lebaran H+4. ”Kalau sekarang masih terlihat biasa,” bebernya lagi.

Beda dengan angkutan antarpulau yang memang sudah mulai membeludak penumpangnya. Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Kepri, Brigjend Jamhur Ismail mengatakan, di Pelabuhan SBP, tidak ada penambahan jam keberangkatan terakhir tetap pukul 17.30.

Namun untuk keberangkatan tidak pakai waktu yang sama seperti selama ini. ”Kalau sekarang, asal penumpang penuh kapal langsung berangkat. Jadi tidak harus menunggu 30 menit baru berangkat,” jelasnya.

Salah satu pelabuhan yang padat sekarang untuk melayani arus mudik adalah Pelabuhan Domestik Sekupang Batam. Pelabuhan ini melayani banyak rute hingga ke Dumai dan daerah lainnya.

Meski demikian, Jamhur belum menerima ada persoalan yang terjadi. ”Memang lagi padat, tapi semua penumpang tetap terangkut. Mungkin karena jumlah kapal sudah semakin banyak,” jelasnya.

Pihaknya terus memantau arus transportasi di Kepri dengan koordinasi ke berbagai pihak baik itu transportasi laut, udara dan darat. Mereka juga tetap memantau harga tiket pesawat jangan sampai melewati ambang maksimum yang ditetapkan Kemenhub. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here