Batam Dapat 300 Konverter Kit Gas Mobil

0
817

BATAM – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) mensosialisasikan pemasangan konverter kit untuk pemanfaatan gas buat mobil. Langkah itu untuk menggalakkan penggunaan gas bumi di masyarakat khususnya sektor transportasi, melalui sosialisasi pembagian dan pemasangan konverter kit untuk kendaraan dinas dan angkutan umum di wilayah Batam.

Pada acara yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Batam, Jefridin itu untuk melaksanakan penyediaan, pendistribusian dan pemasangan konverter kit. Sosiaisasi sendiri dilakukan PGN dibantu PT Gagas Energi Indonesia selaku anak perusahaan yang mengoperasikan SPBG dan PT Autogas. ”Tahun ini, PGN menyerahkan 2.021 konverter kit di 12 lokasi SPBG dan MRU di beberapa wilayah di Indonesia. Untuk Batam sendiri ada 300 konverter,” ungkap Area Head PGN Batam, Amin Hidayat.

Baca Juga :  Target Parkir 2019, Rp15 Miliar

Diharapkan dengan sosialisasi ini, calon penerima konverter dapat memahami mengenai manfaat, keamanan dan efisiensi dari penggunaan konverter kit bagi kendaraannya. Konverter kit yang akan dibagikan mempunyai sistem bi-fuel.  Menurutnya, manfaat dengan dipakainya konverter kit ini, selain sebagai upaya mendukung program langit biru, penerima juga dapat menghemat biaya energi kendaraannya karena setara per liter harga gas untuk kendaraan di SPBG PGN Batam adalah Rp 4500/lsp. ”Pengguna akan mendapatkan manfaat efisiensi dari digunakannya konverter kit, 1 tahun penghematan yang bisa dicapai adalah Rp 1,5 juta, atau 20 – 40 persen dibanding bbm non-subsidi,” ungkapnya.

Baca Juga :  PGN Komit Jalankan Pasokan Pembangkit Listrik

Selain di Batam, Kementerian ESDM juga menugaskan pembagian konverter ini di wilayah Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Lampung. ”Selain ramah lingkungan, ini juga merupakan upaya diversifikasi energi menyukseskan program dauran energi yang dicanangkan pemerintah,” ujar Amin. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here