Batam Gelar Lomba Masak Ikan Presiden

0
653
Lomba masak: Lomba foto memasak ikan nusantara menuju istana, yang digelar di Batamcenter, Minggu (16/7). f-istimewa

BATAM – Menyemarakkan hari kemerdekaan RI, Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Parawisata, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Kementerian Kelautan dan Perikanan serta Kantor Staf Presiden, menggelar lomba memasak ikan nusantara. Satu pemenang lomba memasak tiap kota yang ikut serta, akan dibawa ke Istana Presiden.

Lomba memasak di Batam digelar, Minggu (16/7) di Engku Putri, Batam Centre. Selain di ikuti dari perwakilan kecamatan-kecamatan di Batam, ada juga dari Jambi. Total peserta yang ikut serta, ada 30 peserta dengan dinilai dua juri dari Jakarta. ”Siapapun pemenangnya nanti, akan diberikan kesempatan menjadi koki di Istana Negara saat HUT RI. Masak untuk presiden,” kata kordinator acara dari Kementrian Perikanan, Chrisma Al Bandjar.

Peserta yang ikut serta dalam lomba, menyajikan bahan baku dari ikan, termaksud sotong. Batam sendiri diakui merupakan tempat lomba pertama digelar. Selain Batam, nantinya akan digelar di Kalimantan, Sulawesi, Papua dan Jawa. Sementara untuk peserta, bisa mendaftar secara online. Lomba sendiri akan berakhir pada 2 Agustus 2017.

”Aturannya ada di Primarasa.co.id. Ada formulir yang harus diisi di sana,” sambungnya. Lomba ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk lebih memilih ikan untuk konsumsi. Dimana, bahan ikan untuk Indonesia disebutkan, tidak sulit didapat, sebagai negara kelautan.

”Mengkonsumsi ikan lebih sehat. Kaya protein,” bebernya. Di tempat yang sama, Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata RI, Esty Reko Astuti, berharap masakan ikan daerah Batam semakin populer. Terlebih Batam dikenal dengan wisata kuliner dengan ikan asam pedas yang sudah populer.

”Masyarakat juga akan semakin sejahtera jika ini populer. Dari protein yang dikandung ikan, baik untuk anak-anak menuju generasi Indonesia mendatang,” harapnya. Katanya, Indonesia punya beragam ikan yang kaya nutrisi. Kuliner juga harusnya bagian dari parawisata sebagai andalan Indonesia. ”Sajian ikan harus jadi kunci meningkatkan parawisata,” imbaunya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here