Batam Kekurangan 60 Ribu Blangko KTP

0
1196
SALAH satu contoh KTP-el.f-net

BATAM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku jika stok blanko KTP-el di pusat, cukup. Nyatanya, di daerah-daerah seallu kekurangan blanko. Menurut Tjahjo, daerah yang membutuhkan akan diberikan setelah mengajukan ke pusat. Dalam hal ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Batam akan mengajukan tambahan EKTP. Di mana, kebutuhan Batam ada sekitar 60 ribu blangko KTP-el.

Menurut Kepala Disdukcapil, Said Khaidar, 60 ribu blanko KTP-el itu untuk memenuhi kebutuhan pencetakan KTP-el di enam kecamatan yang kekurangan blanko. ”Enam kecamatan kan sudah siap. Sisanya ada enam lagi,” kata Said.

Adapun enam kecamatan yang belum selesai pencetakan KTP-el yaitu Sekupang, Seibeduk, Sagulung, Bengkong, Batam Kota, dan Lubukbaja. Jumlahnya lebih dari 60 ribu KTP.

Baca Juga :  Hari Pertama Operasi Zebra, 109 Kendaraan Ditilang

Sedangkan untuk kecamatan lain, seperti Batuaji, akan dirampungkan minggu ini. Dan segera didistribusikan guna mengajukan tambahan blangko ke pusat. Sesuai aturan dari Kementerian Dalam Negeri, pengajuan permintaan blangko bisa dilakukan pemerintah daerah setelah blangko sebelumnya selesai cetak.

”Jika sudah selesai cetak, kami langsung lapor. Nanti diminta untuk menjemput blangko lagi,” kata dia.

Ia berharap Batam bisa mendapat blangko dalam jumlah yang lebih banyak dari sebelumnya. Menurut Said, terakhir Disdukcapil Batam menerima tambahan 20 ribu blangko yang dialokasikan untuk tiga kecamatan. ”Kalau bisa langsung dikasih 60 ribu. Biar semua selesai,” ujarnya.

Baca Juga :  BP-Jasa Tirta I MoU Terkait Air

Rencana pengajuan blanko KTP-el setelah Mendagri menyatakan ketersediaannya saat ini. Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo saat di Batam mempersilahkan pemerintah daerah yang membutuhkan, untuk menjemput ke Jakarta. ”Blanko tidak ada masalah. Nggak habis, ambil aja. Blanko ada tersedia, enggak mungkin habis,” kata Tjahjo.

Diharapkan, saat Pemilu dan Pilpres nanti, menggunakan warga sudah menggunakan KTP-el. ”Kita mengejar agar di Pemilu dan Pilres, yang memilih sudah menggunakan KTP-el. Sekarang, ada 261 juta penduduk terdata semua. Hanya persoalannya alamatnya ada dimana? jangan sampai hak warga negara kita terabaikan nanti. Kunci sukses pilkada, pileg dan pilpres, hak masyarakat tersalurkan,” sambungnya.

Baca Juga :  Hibah Aset BP ke Pemko Disetujui Menkeu

Sementara Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil RI, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, data dari Disdukcapail di Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia, sudah 97,4 persen penduduk melakukan perekaman EKTP. ”Saya minta teman-temen untuk menuntaskan 2,6 persen lagi,” katanya.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here