Batam Nyatakan Siap Jalankan Situng

0
492
Zaki Setiawan

BATAM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, menyatakan siap menjalankan sistem informasi penghitungan (Situng). Kesiapan Batam diakui berangkat dari sumber daya manusia (SDM) yang sudah dibimbing secara teknis dan peralatan Situng yang sudah siap.

Menurut Komisioner KPU Batam, Zaki Setiawan, bimtek diikuti KPU Batam untuk memantapkan SDM dan peralatan Situng. Situng sendiri merupakan, perangkat yang digunakan sebagai sarana informasi dalam pelaksanaan penghitungan dan rekapitulasi suara.

”Dari sisi SDM dan peralatan, Batam sangat siap untuk melaksanakan proses situng di Pemilu 2019,” tegas Zaki.

Diakui, KPU mengembangkan sistem informasi ini sebagai alat bantu untuk mendukung akuntabilitas kinerja dalam pelaksanaan tahapan pemungutan, penghitungan, rekapitulasi, serta penetapan hasil penghitungan suara Pemilu 2019.

Baca Juga :  Korsel Investasi Bidang Kecantikan di Bintan

”Situng ini hanya alat bantu, bukan hasil resmi. Hasil resmi penghitungan suara, tetap berdasarkan rekapitulasi secara manual dan berjenjang,” katanya.

Menurutnya, dari sisi SDM, KPU Batam tengah merekrut operator untuk mengoperasikan situng. Jumlah yang dibutuhkan sekitar 15 orang. Di antara kualifikasinya adalah minimal tamatan SMA sederajat, tidak terlibat di partai politik baik sebagai anggota maupun pengurus.

”Tidak membocorkan rahasia negara, mampu mengoperasikan komputer, dan bersedia bekerja lembur,” bebernya.

Operator ini terdiri dari petugas entri, pindai (scan), dan verifikasi. Operator entri bertugas melakukan entri data salinan formulir dan mengirimkan ke server KPU. Operator pindai bertugas melakukan pemindaian salinan formulir dan mengirim ke KPU.

Baca Juga :  Bupati Lingga akan Undur Diri

”Sedangkan verifikator bertugas melakukan verifikasi terhadap hasil entri dan pindai,” sambung dia.

Proses entri dan pemindaian ini dilakukan secara berurutan, mulai dari data hasil penghitungan suara pasangan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

”Data yang diinput dan dipindai dari TPS adalah formulir model C, berita acara pemungutan dan penghitungan suara dan C1, hasil penghitungan suara di TPS,” katanya.

Formulir model C dan C1 ini harus dikirimkan oleh KPPS melalui PPS dan PPK setelah selesai penghitungan suara di TPS pada hari itu juga.

Baca Juga :  Dewan Nilai Pelantikan Dewan Riset Mubazir

”Kami hanya punya waktu paling lama lima hari untuk menyelesaikan proses entri dan pindai formulir model C dan C1 dari seluruh TPS di Batam. Hasilnya bisa dipantau masyarakat secara online, sehingga bisa ikut mengawasi hasil penghitungan suara,” sambung dia. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here